Di zaman yang modern ini manusia mau tidak mau dituntut untuk bekerja secara cepat dan praktis baik di dalam rumah tangga maupun di luar. Hal itu kemudian memunculkan banyak alat dapur elektronik yang praktis dan memudahkan pekerjaan dapur para ibu-ibu. Anda tidak perlu repot dan menghabiskan banyak waktu untuk memasak.

Jenis Alat Dapur Elektronik

Peralatan dapur sekarang ini banyak yang menggunakan tenaga listrik, diantaranya adalah:

1.     Rice cooker

Peralatan yang satu ini sangat umum digunakan oleh setiap orang untuk memasak. Bukan hanya itu saja, rice cooker bisa Anda gunakan untuk sekedar menghangatkan nasi, sayur, dan sebagainya secara mudah. Bisa dikatakan bahwa alat elektronik ini harus Anda miliki dan masuk dalam list barang dapur yang pokok.

2.     Blender

Siapa yang tidak kenal blender, alat ini sangat membantu meringankan pekerjaan dapur Anda khususnya untuk meembutkan bumbu dan semacamnya. Jenis blender sendiri ada beberapa seperti khusus untuk menghaluskan bumbu, blender buah yang sering digunakan untuk membuat jus, hingga khusus barang keras seperti es hingga kopis

Desain dan ukuran blender juga beragam yang disesuaikan dengan fungsinya. Jadi, untuk memenuhi keperluan peralatan dapur, Anda bisa memilih jenis serta ukurannya sesuai dengan kebutuhan dan selera. Karena fungsinya yang banyak, tidak heran jika blender termasuk dalam peralatan favorit bagi ibu-ibu di rumah.

3.     Microwave

Peralatan yang satu ini mungkin cukup asing bagi sebagian orang. Microwave sendiri merupakan peralatan elektronik dapur yang memanfaatkan gelombang radiasi mikro untuk menanak ataupun menghangatkan makanan. Hal itulah yang membuat microwave ini fungsinya tidak jauh berbeda dengan rice cooker.

Selain itu microwave juga sering digunakan untuk membuat popcorn yang hasilnya cukup bagus. Peralatan dapur jenis ini bisa Anda gunakan pula dalam mengaduk adonan tertentu bisa untuk membuat keripik. Lebih tepatnya alagi, apabila Anda menggunakan alat untuk memasak makanan yang setengah mateng.

4.     Kulkas

Sebagaimana rice cooker, kulkas merupakan peralatan dapur elektronik yang sangat umum serta penting. Kulkas bisa menampung atau menyimpan beragam makanan. Lemari pendingin kini sudah tersedia dengan ukuran yang kecil namun tetap stylis yang hemat energy serta ramah terhadap lingkungan.

Anda bisa menaruh beberapa bahan kebutuhan makanan di dalam kulkas seperti sayur, teur, hingga daging. Di sana bahan-bahan tersebut bisa bertahan lama tanpa khawatir mudah busuk dan pastinya bisa membuatnya tetap fresh. Dapur Anda akan tampak lebih rapi jika dengan cara memasukkan beberapa makanan ke dalam kulkas.

Katalog Produk Mr. Kitchen

5.     Teko listrik

Anda tidak perlu merebus air atau semacamnya secara manual apabila sudah mempunyai teko listrik. Pekerjaan dapur Anda yang banyak dan padat akan terasa ringan menggunkan beberapa peralatan dapur listrik termasuk memanfaatkan teko tersebut. Anda tinggal menyolokkan alat tersebut pada listrik dan tidak perlu susah payah menyalakan kompor.

6.     Mixer

Moxir ini tidak kalah pentingnya sebagaimana alat dapur menggunakan listrik lainnya. Terlebih lagi saat Anda mambut adonan kue yang bisa sangat mudah dan cepat untuk mencapurkan bahan-bahannya dengan baik. Pastinya Anda tinggal menyolokkannya serta memencet tombol saat melakukan pengadukan bahan.

7.     Oven elektrik

Proses pemanggangan beragam kue ataupun roti Anda akan lebih mudah dan aman menggunakan oven elektrik. Bahkan bisa pula untuk memanggang ayam dan semacamnya.  Anda bisa mengatur suhu panas maupun waktu pemanggangan sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak perlu khawatir akan gosong ataupun kurang matang.

Tips Menggunakan Alat Dapur Elektronik

Penggunaan barang elektronik memang sangat memudahkan serta meringankan pekerjaan rumah. Namun ada baiknya Anda harus selalu hati-hati saat memanfaatkannya agar tidak terjadi hal-hal yang buruk. Hal itu mengingat peralatan yang menggunakan energi listrik termasuk alat dapur ini mempunyai kekurangan.

Ada baiknya Anda memperhatikan dan menerapkan tips berikut ini:

a.    Menghitung seluruh daya alat dapur ektronik yang akan Anda beli

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli peralatan dapur yang berbasis elektronik, sebaiknya perhatikan dan hitung dahulu daya yang dibutuhkan oleh setiap alat, begitu pula dengan kekuatan listrik Anda. Hal itu bertujuan untuk menghemat penggunaan energi, sehingga jangan sampai jumlah dayanya itu melebihi seluruh daya di rumah.

b.     Hanya membeli alat dapur elektronik yang penting saja

Semua peralatan dapur elektrik tersebut pastinya tidak bersifat penting sekali bagi Anda dan itu hanya beberapa saja yang sifatnya urgent seperti rice cooker dan kulkas. Pikirkanlah sejauh mana kegunaan peralatan dapur tersebut dan jika memang sangat membutuhkan dan membantu, Anda bisa membelinya dengan ukuran yang sesuai.

c.      Mengatur peletakan alat dapur elektronik dengan baik

Aturlah peletakan alat dapur elektronik sedemikian rupa dan hindarkan dari hal-hal yang berbahaya dan mudah terbakar di dapur. Segala tetek bengek yang berkaitan dengan alat tersebut dapat menghalangi aktifitas Anda saat di dapur, misalnya kabel dan stop kontak baiknya ditaruh di tempat yang mudah dijangkau oleh alat dapur.

d.      Tidak menumpuk alat dapur elektronik

Hindari menata peralatan dapur yang menggunakan listrik dengan cara menumpuknya satu sama lain. Hal itu bertujuan agar tidak mudah rusak serta menghindari bahaya lainnya seperti korsetling aliran listrik pada stop kontak maupun dalam alat itu sendiri.

Entah itu kebutuhan maupun tuntutan, kini Anda tidak bisa hidup tanpa mesin, listrik, dan sebagainya yang sifatnya  memudahkan dan praktis. Oleh sebab itu, tidak heran jika bahkan peralatan dapur saja banyak sekali yang menggunakan tenaga listrik mulai dari untuk memasak, memanaskan, hingga menghaluskan makanan.

One Comment

Comments are closed.