Dapur merupakan salah satu tempat penting yang harus ada di setiap kehidupan rumah tangga. Keberadaan dapur ini sangat berperngaruh bagi kelangsungan kehidupan rumah tangga. Alat dapur non elektronik masa kini menjadi salah satu perkakas penting yang wajib ada di dapur. Alat ini memiliki banyak manfaat, terutama dalam proses pengolahan bahan makanan.

Alat dapur non elektronik kini semakin banyak diburu oleh orang-orang, terutama ibu rumah tangga. Selain dinilai ekonomis, alat dapur non elektronik juga sangat simpel dan sederhana dalam penggunaannya. Untuk mendapatkannya pun tak perlu bersusah payah karena alat ini sudah banyak tersedia di banyak toko, pasar tradisional maupun modern.

Jenis Peralatan Dapur Non Elektronik

Kualitas kenikmatan dari sebuah makanan bisa dikatakan tergantung pada ketersediaan peralatan yang ada di dapur. Jika peralatan yang tersedia di dapur memadai, maka seorang koki dapat dengan mudahnya menyajikan makanan yang lezat. Begitu juga sebaliknya, jika peralatan yang ada di dalam dapur kurang memadai, maka hal tersebut akan menghambat kinerja dari seorang koki.

Peralatan dapur saat ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Berbagai inovasi dan terobosan baru hadir dalam upaya untuk menghasilkan alat-alat dapur yang semakin canggih dan memiliki nilai guna yang dapat membantu meringankan pekerjaan dapur.

Peralatan dapur non elektronik menjadi pilihan banyak orang untuk menjawab pemenuhan kebutuhan dapur. Peralatan dapur non elektronik saat ini pun banyak tersedia dalam berbagai varian, tak hanya menawarkan fungsi dan kualitas yang unggul, namun desainnya kini pun semakin cantik dan menarik perhatian sehingga membuat kegiatan memasak Anda semakin menyenangkan.

Peralatan dapur non elektronik ini dikatakan lebih simpel daripada peralatan dapur yang lainnya, jenisnya pun bermacam-macam, jenis peralatan dapur ini antara lain:

1. Kompor

Kompor menjadi peralatan yang sangat wajib dan harus ada di dapur Anda karena tanpa adanya kompor maka Anda tak akan bisa mengolah bahan makanan. Kompor ini bermacam-macam jenisnya, kompor gas menjadi jenis kompor yang paling banyak digunakan.

2. Aneka wajan

Wajan merupakan alat dapur non elektronik yang digunakan untuk menggoreng berbagai bahan makanan. Wajan juga sangat dibutuhkan di dapur untuk membuat lauk pauk. Jenis wajan pun bermacam-macam, ada yang ukurannya kecil hingga besar, tergantung fungsi dan kebutuhan pemakaiannya.

Katalog Produk Mr. Kitchen

3. Pasta pot

Alat dapur non elektronik ini merupakan sebuah peralatan yang digunakan untuk membuat pasta. Dengan alat ini, Anda bisa membuat pasta lebih cepat.

4. Panci

Panci memiliki banyak sekali fungsi, diantaranya yaitu untuk memasak sayuran, memasak nasi, mengukus, dan merebus air. Ukuran panci pun bervariasi, ada yang kecil ada juga yang besar.

5. Pisau

Alat ini sangat berguna untuk mengolah bahan makanan yang masih mentah. Pisau digunakan untuk mengiris atau pun memotong berbagai bahan makanan. Disarankan Anda memiliki minimal dua macam pisau di dapur, yakni pisau yang berukuran sedang untuk memotong bahan makanan yang besar, lalu pisau berukuran kecil untuk mengupas bawang dan buah.

6. Dandang

Dandang merupakan salah satu alat masak tradisional yang masih digunakan banyak orang hingga saat ini. Alat ini biasanya terbuat dari tembaga. Fungsinya yaitu untuk menanak nasi dengan cara mengukusnya.

7. Parutan

Alat ini digunakan untuk memarut kelapa serta umbi-umbian. Keberadaan alat ini juga sangat penting di dapur, terutama ketika Anda ingin membuat makanan yang berbahan dari santan.

8. Pembersih sisik ikan

Alat ini sangat berguna bagi Anda yang gemar mengonsumsi ikan. Untuk menjadikan ikan menjadi makanan yang lezat maka Anda harus mengupas sisiknya terlebih dahulu, alat inilah yang digunakan untuk membersihkan sisik ikan.

Cara Merawat Peralatan Dapur Non Elektronik

Peralatan dapur harus dirawat dengan baik agar tidak cepat rusak. Peralatan dapur pada umumnya cepat berkarat dan kotor, maka dari itu Anda harus merawat dan membersihkannya secara berkala. Cara pembersihannya pun tidak asal-asalan, jika Anda membersihkannya asal-asalan makan dapat merusak peralat dapur.

Perawatan secara tepat ini bisa membuat peralatan dapur Anda lebih tahan lama, tentunya dari segi finansial Anda akan lebih bisa berhemat untuk tidak mengeluarkan biaya berlebih guna membeli peralatan-peralatan dapur yang baru.

Setelah digunakan sebaiknya peralatan dapur segera dibersihkan agar noda-noda sisa makanan tidak semakin membandel dan mudah untuk dibersihkan. Meski tergolong perkakas yang sederhana, peralatan dapur non elektronik pun harus Anda rawat dengan baik, cara merawat peralatan dapur non elektronik yang mudah yakni:

1. Untuk peralatan makan dan memasak, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah rebus campuran air dan satu sendok teh baking soda hingga mendidih bersamaan dengan peralatan masak yang terbuat dari stainless steel dan alumunium. Cara ini dirasa cukup efektif untuk membersihkan noda kerak, setelah mendidih diamkan selama 30 menit, lalu bersihkan dengan spon kawat.

2. Untuk membersihkan noda lemak dan bau amis maka gunakanlah dengan air jeruk nipis. Gosoklah peralatan dapur non elektronik dengan air jeruk nipis, lalu diamkan selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu cuci menggunakan sabun.

3. Kemudia untuk menghilangkan bau apek dari toples maka bakarlah bebeapa lembar kertas, setelah bakaran kertas menjadi abu, lalu masukkan abu kertas yang sudah dingin itu ke dalam toples. Lalu tutuplah toples selama 5 menit. Setelah itu cuci dan bersihkan toples, serta yang terakhir jemur di tempat yang panas.

Peralatan dapur non elektronik sudah pasti sangat dibutuhkan untuk keperluan masak memasak, oleh karena itu Anda harus memastikan keberadaannya di dalam dapur. Meski tak semewah peralatan dapur elektronik, namun peralatan dapur non elektronik tetap harus Anda rawat agar tak mudah rusak.