Salah satu tempat yang harus memiliki peralatan makan lengkap selain restoran adalah hotel. Banyak jenis peralatan yang harus ada siap digunakan. Menyangkut hotel, terutama untuk makanan, alat makan hotel tidak bisa dianggap sepele. Ini karena hotel harus memenuhi kewajiban untuk menjaga kepuasan pelanggan akan pelayanan yang diberikan.

Peralatan makan umumnya digunakan untuk hidangan sarapan pagi yang diberikan hotel atau jika pengunjung ingin memesan makanan ke kamarnya. Banyak juga hotel yang memiliki restorannya sendiri. Saat hotel juga memerankan fungsi restoran, makan peralatan makan yang ada sangat perlu dijaga. Baik itu kelengkapannya dan kelayakannya.

Alat makan hotel wajib ada

Dilihat jenis, peralatan makan memiliki banyak jenis. Karena peralatan terdiri banyak jenis, maka peralatan-peralatan tersebut diklasifikasikan menjadi tiga bagian besar dengan tujuan untuk mempermudah mengenali jenis peralatannya. Tiga bagian besar itu dikenal dengan chinaware, glassware, dan silverware. Masing-masing bagian itu nantinya terdiri dari banyak jenis peralatan makan.

Chinaware

Bagian ini terdiri dari peralatan makan yang terbuat dari bahan kermaik, porselen, atau tembikar. Peralatan yang terbuat dari bahan dasar keramik umumnya memiliki dinding yang tebal dan permukannya terasa sedikit kasar. Namun, keuntungan dari peralatan makan yang menggunakan bahan porselen adalah memiliki ketahanan yang tinggi. Chinaware umumnya digunakan untuk keperluan operasional restoran dan hotel.

Chinaware terdiri dari peralatan-peralatan makan sebagai berikut:

1. Alat Makan Platter

Platter, adalah piring lodor dengan bentuk lonjong, bulat, dan persegi panjang. Piring lodor juga terdiri dari ukuran-ukurang yang bervariasi, yaitu: small, medium, dan large.            

2. Alat Makan Dinner Plate

Dinner plate, adalah piring berbentuk ceper dengan ukuran besar yang digunakan untuk menyajikan sajian utama. Piring ini umumnya berdiameter 26 cm.

3. Soup Plate

Soup plate, adalah piring berbentuk cekung yang digunakan untuk menyajikan soup; pada dasarnya, piring ini terlihat seperti mangkuk, namun bukan mangkuk. Piring ini umumnya berdiameter 22 cm

4. Dessert Plate

Dessert plate, adalah piring berukuran tanggung yang digunakan untuk menyajikan hidangan penutup dan pembuka, bisa juga sebagai alas atau underliner saat menyajikan hidangan pembuka dan penutup. Piring ini umumnya berdiameter 18 cm.

5. Butter and Bread Plate

Butter and bread plate, adalah piring yang digunakan untuk menyajikan roti dan mentega, sering juga disebut sebagai side plate atau quarter plate karena peletakannya selalu berada di samping garpu. Piring ini umumnya berdiameter 15 cm.

6. Fish Plate

Fish plate, adalah piring yang digunakan untuk menyajikan hidangan ikan.

7. Breakfast Plate

Breakfast plate, adalah piring yang digunakan untuk menyajikan hidangan makan pagi.

8. Show Plate

Show plate, adalah piring piring berbentuk ceper dengan ukuran yang leih besar dari pada dinner plate, dan diberi dekorasi yang menarik untuk show.

Katalog Produk Mr. Kitchen

9. Cups

Cups, adalah peralatan makan hotel yang terdiri dari banyak macam jenis cangkir. Jenis-jenis itu adalah soup cup (untuk menyajikan sup cair), tea cup (untuk menyajikan teh), coffee cup (untuk menyajikan kopi), demitasse cup (untuk menyajikan kopi kental setelah makan malam), breakfast cup (untuk menyajikan kopi/teh saat makan pagi), dan egg dish (untuk menyajikan telur rebus).

10. Saucer

Saucer, adalah tatakan untuk cangkir atau juga sering dikenal sebagai lepek. Saucer terdiri dari soup saucer, tea saucer, coffee saucer, demitasse saucer, dan breakfast saucer.

11. Pots

Pots, adalah poci yang berfungsi untuk menyajikan minuman panas. Beberapa jenis pots diantaranya adalah tea pot dan coffee pot.

12. Jugs

Jugs, adalah poci kecil yang berfungssi untuk menyajikan minuman. Beberapa jenis jugs diantarnya adalah milk jug dan water jug.

13. Bowl

Bowl, adalah mangkuk yang terdiri dari banyak jenis. Jenis-jenisnya adalah soup bowl, cereal bowl, finger bowl, sugar bowl, supreme bowl, dan butter bowl.

14. Ashtray

Ashtray, adalah asbak sebagai tempat rokok.

Silverware

Bagian peralatan makan hotel yang juga wajib ada adalah silverware. Peralatan makan ini terbuat dari logam yang dilapisi perak atau stainless steel. Jenis-jenis silverware adalah sebagai berikut:

1. Holloware

Holloware, adalah peralatan makan berongga seperti: pots, platter, water pitcher, hot food cover, bowl, dan ashtray.

2. Flatware

Flatware, adalah alat makan yang Anda gunakan langsung menggunakan tangan di antaranya adalah: sendok, pisau, dan garpu.

Glassware

Peralatan makan ini umum dikenal dengan gelas, atau peralatan untuk minum. Bahan dasar yang digunakan adalah kaca. Jenis-jenis gelas yang digunakan biasanya tergantung dari kelas atau bintang yang dimiliki hotel atau restoran. Semakin tinggi kelasnya, semakin mewah glassware yang digunakan. Glassware terdiri dari dua jenis yaitu:

1. Stemmuglass

Stemmuglass, adalah gelas dengan tangkai. Gelas jenis ini terdiri dari water goblet, red wine glass, white wine glass, saucer champagne glass, tulip champagne glass, cocktail glass, milk shakes glass, sour glass, dan cardinal glass.

2. Unstemmuglass

Unstemmuglass, adalah gelas tanpa tangkai. Gelas ini terdiri dari beer mug (untuk menyajikan beer), juice glass (untuk menyajikan jus), high ball drink (untuk menyajikan softdrink), punch glass (untuk menyajikan punch), ice tea glass (untuk menyajikan es teh), shot glass (untuk menyajikan minuman keras), collin glass (untuk menyajikan mixed drink), dan zombie glass (gelas tabung panjang).

Melihat dari jenis-jenisnya, banyak sekali peralatan makan yang perlu disiapkan untuk sebuah hotel. Semua peralatan yang telah disebutkan memiliki peran dan fungsinya masing-masing untuk menyajikan hidangan, baik itu makanan atau pun minuman. Tiga bagian terpenting pada peralatan makan adalah chinaware, silverware, dan glassware. Sebagai dasar, ketiga bagian peralatan makanan itu selayaknya tersedia pada sebuah hotel.