Jika membicarakan peralatan masak restoran, hampir sebagian besar peralatan masak yang dimilikinya adalah terbuat dari bahan stainless steel. Hal ini dikarenakan, memang bahan ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan bahan besi dan anti karat. Namun bagaimana untuk menjaga agar peralatan masak restoran tetap dalam keadaan yang awet dan juga baik.

Merawat Peralatan masak Restoran

1.      Hindari terkena cairan keras

Dalam hal ini cairan keras tersebut bisa pembersih yang digunakan untuk keramik, atau bahkan porstek dan lainnya. Hal ini dikarenakan dapat membuat peralatan masak tersebut memiliki lubang kecil.

Bahkan, nantinya peralatan masak yang digunakan akan memiliki lubang kecil dan juga berubah warna menjadi kekuningan yang mana akan sulit untuk dibersihkan. Namun apabila peralatan masak tersebut terlanjur mengenai pembersih kimia, maka gunakanlah amplas dan gosok secara berulang kali untuk menghilangkan noda yang ada atau bahkan bekas kekuningan tersebut.

Memang nantinya peralatan masak untuk restoran anda di hotel Bandung, maupun cafe Bali dan tempat lainnya tidak akan kembali seperti semula namun akan memiliki tampilan yang lebih baik. Maka dari itu, diharapkan untuk menjauhkan, semua pembersih kimia dengan semua peralatan masak yang digunakan di restoran.

2.     Selalu awasi untuk semua penggunaan listrik dari peralatan masak restoran

Listrik yang digunakan baik di bagian atas atau dalam semua peralatan masak yang digunakan di restoran. Hal ini dikarenakan, peralatan masak yang menggunakan bahan stainless, memiliki sifat bahan yang dapat di jadikan sebagai pengantar listrik. Maka dari itu, akan sangat berbahaya jika terjadi kebocoran pada listrik yang ada.

Hal ini tentunya akan membahayakan, orang-orang yang memegang peralatan dapur tersebut dan mengenai arus listrik yang ada. Salah satu cara untuk menghindari hal ini adalah dengan memasang grounding, yang mana hal ini dapat digunakan untuk kabel yang sesuai dan pastinya akan sangat aman untuk digunakan.

3.      Hilangkan sisi tajam untuk peralatan masak restoran seperti pisau

Penggunaan bahan stainless ini juga digunakan, untuk peralatan pisau. Hal ini dikarenakan memang bahan stainless yang ada, juga memiliki bagian yang tajam baik untuk bagian atas atau bawahnya. Dalam hal ini, anda dapat menghilangkan sisi tajam yang ada, dengan cara memotong salah satu sisi dari peralatan dapur restoran tersebut, lalu menggunakan amplas.

Penggunaan amplas ini, tentunya akan membantu untuk menghilangkan sisi tajam yang dimiliki oleh stainless steel. Hal ini tentunya akan sangat berbahaya jika dibiarkan, karena dapat menimbulkan luka yang serius. Anda dapat membuat semua peralatan dapur yang ada, menjadi peralatan yang aman untuk digunakan.

Katalog Produk Mr. Kitchen

4.      Kebersihan peralatan masak restoran harus dijaga

Jangan lupa untuk selalu membersihkan peralatan masak yang dimiliki restoran setiap hari. Dalam hal ini, anda dapat membersihkannya dengan lap yang sudah diberikan air secukupnya untuk membersihkan semua bagian peralatan masak . Namun hal ini terkadang sering di lupakan, karena kesibukan yang memang dimiliki oleh restoran.

Peralatan masak yang tidak dibersihkan dengan baik, justru akan menimbulkan flek yang akan sangat mengganggu. Hal ini disebabkan oleh kotoran yang mengendap. Memang nantinya setelah bertahun-tahun digunakan , seluruh perlengkapan dapur tidak akan lagi mengkilap bahkan akan memberikan kesan yang buram. Dalam hal ini, anda dapat menggunakan pembersih stainless.

Pembersih ini dapat anda temukan dengan mudah di berbagai distributor, yang menjual berbagai alat pembersih. Anda dapat menggunakannya dengan cara menyemprotkan cairan tersebut, lalu mengelap pada bagian yang buram. Nantinya perlengkapan dapur yang anda miliki akan kembali mengkilap. Namun jika terdapat banyak goresan, anda dapat mengamplasnya.

5.      Melepas kenop, agar dapat dibersihkan dengan total

Untuk anda yang ingin membersihkan perabotan yang memang terbuat dari stainless, anda dapat melepaskan bagian kenop yang terletak di depan. Hal ini memang akan sulit dijangkau, namun akan membantu membersihkan perlengkapan dapur restoran yang anda miliki dengan benar. Bahlan, anda juga dapat membersihkan bagian lemari atau laci, dengan merata.

6.     Untuk alat dapur, yang memiliki gagang yang terbuat dari bahan stainless memerlukan usaha yang ekstra.

Hal ini dikarenakan, bagian yang sulit untuk disentuh. Anda harus dapat mengelapnya dengan rajin setiap minggu, atau membersihkannya dengan lap microfiber. Biasanya kain ini merupakan kain yang digunakan untuk membersihkan kacamata.

Kain microfiber, yang memiliki permukaan yang lembut mampu untuk menghilangkan debu kecil yang ada. Bahkan kain ini mampu untuk tidak meninggalkan goresan untuk stainless steel tersebut. Dengan menggunakan lap ini, anda tidak perlu menggunakan pembersih bahan kimia karena akan langsung mengangkat kotoran yang ada.

7.      Bersihkan karat secara rutin

Nantinya, memang perangkat yang terbuat dari bahan stainless akan memiliki karat. Dalam hal ini, anda dapat membersihkan permukaan karat tersebut menggunakan bubuk prumice. Bubuk ini nantinya di campur dengan air, dan dapat dibeli di distributor secara online dengan mudah. Bahkan bubuk ini sudah digunakan oleh banyak supplier.

Anda dapat menggunakan pasta tersebut, lalu menyekanya pada permukaan stainless dan nantinya akan langsung terlihat bagaimana karat akan langsung hilang. Anda dapat membilasnya dengan air hangat. Lalu gunakan kain untuk membersihkannya dengan lembut, dan bahan stainless anda akan kehilangan karat yang di milikinya.

Itulah beberapa cara untuk membersihkan dan merawat bagaimana peralatan dapur restoran, agar tetap awet dan dalam kondisi yang bagus. Dalam hal ini tidak sulit untuk merawatnya, namun anda harus melakukannya dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Peralatan dapur yang digunakan di restoran, adalah salah satu peralatan yang rutin untuk digunakan dan membutuhkan perawatan ekstra.

One Comment

Comments are closed.