Bahan stainless steel merupakans bahan terbaik yang digunakan untuk peralatan dapur. Karena bahan tersebut merupakan sebuah bahan baja anti karat. Dengan menggunakan peralatan dapur stainless steel dapat menghasilkan masakan yang baik dan berkualitas serta aman digunakan. Dari segi perawatan, bahan stainless juga mudah dibersihkan karena mempunyai tekstur yang rata dan tidak berpori serta sangat kuat.

Dapur merupakan tempat untuk melakukan aktivitas memasak atau membuat makanan. Sehingga kebersihan adalah prioritas utama. Dengan dapur yang bersih akan menghasilkan makanan yang bersih pula. Begitu juga dengan bahan untuk peralatan yang digunakan. Dengan menggunakan bahan dari stainless steel, peralatan lebih tahan lama dan awet serta aman terhadap karat dan oksidadi yang terjadi seiring dengan berjalanya waktu.

Keunggulan Paralatan Dapur Stainless Steel

1.     Mudah dibersihkan

Bahan stainles steel merupakan salah satu bahan yang paling mudah untuk dibersihkan. Karena teksturnya yang rata dan licin, sehingga aman ketika dibersihkan. Peralatan dapur dari stainless steel tidak menyerap air karena tidak mempunyai pori atau lubang.

2.     Bersifat isolator

Peralatan dapur dari bahan stainless steel bersifat isolator. Sifat isolator ini membuat bahan stainless tidak mudah menempel dengan bahan lain sehingga tidak menimbulkan kerak atau kotoran lainya.

3.     Bahan berkualitas terbaik

Karena bahan stainless mempunyai tingkat kekuatan yang tinggi dan tahan terhadap oksidasi dan korosi. Bahan stainless sangat ideal untu peralatan dapur restoran, hotel dan sebagainya. Serta bahan stainless juga digunakan sebagai finishing yang menarik dan tidak membutuhkan biaya perawatan yang mahal.

4.     Sangat kuat

Bahan stainless steel adalah bahan paling kuat. Karena terbuat dari logam atau alumunium sehingga kuat dan tidak mudah patah atau penyok karena benturan ataupun ketika jatuh.

5.     Tidak mengandung pori

Bahan stainless terbuat dari logam sehingga permukaannya rapat dan tidak mengandung pori. Karena tidak mengandung pori, peralatan dapur dari bahan stainless tidak mudah bocor atau retak.

6.     Tahan lama

Peralatan dapur yang paling awet dan tahan lama adalah dari bahan stainless. Karena bahan pembuatnya terdiri dari kromium dan nikel.

Katalog Produk Mr. Kitchen

7.     Mencegah oksidasi

Bahan stainless steel mempunyai 16 sampai 24% kromium dan 35 nikel. Bahan kromium tersebut dapat mencegah adanya oksidasi pada peralatan dapur serta bahan nikel berfungsi untuk mencegah adanya korosi sehingga paralatan dapur dapat tahan terhadap karat dan lembab.

8.     Biaya perawatan murah

Peralatan dapur dari bahan stainless mempunyai biaya perawatan yang murah. Karena stainless mudah dibersihkan dan tidak menyebabkan korosi atau karat. Serta bahan stainless juga mempunyai tekstur yang licin sehingga aman dan mudah untuk dibersihkan.

9.     Multifungsi

Peralatan dapur yang terbuat dari bahan stainless steel lebih multifungsi daripada bahan lainya. Karena bahan stainless tidak mempunyai rekasi terhadap bahan apapun ketika digunakan, sehingga tidak mempengaruhi makanan ataupun lainya.

10.    Tahan terhadap korosi

Keunggulan utama bahan stainless steel adalah anti korosi. Karena itulah yang menjadikan peralatan dapur stainless menjadi pilihan utama untuk restoran, rumah makan, hotel, dan dapur lainya.

11.     Tersedia dalam berbagai alat

Karena bahan stainless steel mempunyai keunggulan yang banyak, sehingga hampir semua perlengkapan dapur terbuat dari bahan stainles steel.

Kekurangan Peralatan Dapur Stainless Steel

1.     Timbul bintik

Bahan stainless steel memang mempunyai kekuatan terhadap korosi, namun bahan ini dapat menimbulkan bintik putih jika digunakan secara terus menerus. Dari bintik putih tersebut, lama-lama akan menyebabkan stainless terkelupas.

2.     Dapat menghitam

Jika peralatan dapur dari bahan stainless ini mendapatkan suhu yang sangat tinggi maka akan menyebabkan alat tersebut menghitam dan menghilangkan lapisan stainlessnya.

3.     Harganya mahal

Karena kelebihan bahan stainless steel yang baik menyebabkan harga peralatan dapur yang terbuat dari bahan stainless menjadi mahal.

4.     Bersifat konduktor

Bahan stainless terbuat dari logam sehingga tidak tahan terhadap panas atau bersifat konduktor. Bahkan bahan stainless juga dapat menghantarkan panas dan listrik jika mendapat arus atau panas yang sangat tinggi.

Cara Merawat Peralatan Dapur dari Bahan Stainless Steel

Perawatan dapur dari bahan stainless ini mempunyai perawatan yang mudah. Perawatan untuk peralatan dapur bahan stainless steel dapat dilakukan dengan menggunakan spon dan sabun cuci piring. Anda dapat membersihkanya kapan saja, khususnya setelah digunakan. Karena kelebihan bahan stainless steel tersebut, peralatan dapur dari bahan stainless menjadi pilihan utama restoran, hotel, dan sebagainya.

Jika anda ingin peralatan dapur anda lebih tahan lama dan awet, anda dapat memilih bahan dari stainless untuk semua kelengkapan dapur anda. Termasuk pada kompor, wastafel, rak dapur, knife set, spatula set, rak gantung, wajan, panci, dan sebagainya. Karena dengan bahan yang tahan lama dan anti korosi dapat membuat peralatan dapur lebih awet. Peralatan dapur yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

  1. peralatan masak seperti wajan, panci, spatula
  2. peralatan makan seperti piring, sendok, garpu, mangkuk, gelas
  3. peralatan peniris seperti pisau, cutter, gunting, telenan
  4. peralatan manggang seperti oven, mangkuk, mixer, loyang
  5. peralatan lain seperti kompor, wastafel, rak dapur, rak piring, rak bumbu
  6. set meja makan

Dapur merupakan ruangan yang harus dijaga kebersihannya. Bukan hanya lantai atau dindingnya saja, namun kebersihan peralatan dapur juga harus diperhatikan. Khususnya untuk peralatan yang sering digunakan seperti kompor, wastafel, dan sebagainya. Karena dengan dapur dan peralatan yang bersih, maka akan menghasilkan makanan yang bersih dan aman dari bakteri atau kuman. Oleh karenanya, kebersihan dapur dan peralatan harus selalu diperhatikan.

Baca juga: Tips merawat alat dapur stainless steel

One Comment

Comments are closed.