Sebagaimana tempat makan pada umumnya, restoran membutuhkan banyak peralatan dan perengkapan, khususnya untuk kebutuhan memasak dan menyajikan hidangan. Peralatan restoran lengkap sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kebutuhan untuk catering, hanya saja di restoran kuaitasnya lebih tinggi dan bahkan bermerek.

Macam-Macam Peralatan Restoran Lengkap serta Kegunaannya

Ada banyak sekali peralatan yang harus ada di restoran baik itu untuk restoran skala kecil maupun besar. Namun pada umumnya, macam-macamnya dibagi menjadi lima bagian yaitu:

1.   Silverware

Silverware merupakan peralatan yang berbahan dasar perak, sehingga kuat dan bisa awet. Selain itu juga tampak lebih elegan saat digunakan, mengingat bahannya yang bukan sembarangan.

Beberapa peralatan yang terbuat dari bahan tersebut biasanya meliputi pisau dan garpu makan. Seringkali pisau ini digunakan untuk melengkapi peralatan inti seperti piring saat penyajian makanan yang membutuhkan pemotongan seperti daging atau steak. Begitu pula garpu ini kegunaannya tidak jauh berbeda dengan pisau sehingga sering bersama-sama.

Selain itu juga ada peralatan lainnya seperti sendok untuk mengambil makanan, sendok untuk menikmati minuman seperti kopi, the, dan cokelat, garpu dan pisau untuk memakan makanan penutup ataupun pembuka, penjepit makanan untuk mengambil makanan yang bersifat padat, dan beberapa jenis sendok serta pisau lainnya.

2.   Chinaware

Chinaware adalah jenis peralatan maupun perlengkapan yang terbuat dari bahan porselen atau keramik. Bahan ini cenderung lebih tahan lama serta tidak kalah tampak elegannya dengan bahan perak. Selain itu, peralatan dari keramik ini seringkali mempunyai banyak motif dan desain yang bagus.

Ada banyak sekali peralatan restoran yang termasuk dalam chinaware, khususnya untuk jenis piring diantaranya piring untuk menghidangkan makanan penutup maupun pembuka, piring untuk menyajikan hidangan utama, hingga piring untuk khusus untuk makanan ringan seperti roti dan semacamnya.

Selain itu juga ada berbagai macam mangkuk, misalnya mangkuk untuk menghidangkan beragam sup baik kental maupun tidak, mangkuk untuk menyajikan minuman kopi dan teh, hingga mangkuk yang digunakan sebagai wadah sereal dan semacamnya. Anda bisa tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan dan ukuran.

3.   Glassware

Glassware merupakan jenis peralatan maupun perlengkapan restoran yang terbuat dari bahan kaca baik yang berwarna netral maupun berwarna-warni. Peralatan dari kaca ini mempunyai resiko pecah yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bahan lainnya, mengingat sifatnya yang keras.

Terlepas dari hal itu, peralatan dari kaca tampak lebih bagus dan elegan saat digunakan maupun hanya diletakkan di meja penyajian. Terlebih lagi jika kaca yang digunakan bersifat transparan dan tembus pandang, sehingga menambah nilai estetis tersendiri pada peralatan tersebut.

Kebanyakan peralatan restoran lengkap yang terbuat dari kaca adalah gelas dengan beragam bentuk dan fungsinya. Adapun jenisnya meliputi gelas khusus untuk minuman anggur putih atau yang sering disebut dengan white wine gass, gelas untuk minuman anggur merah atau red wine glass, dan gelas untuk minuman air putih biasa pada umumnya atau water goblet.

Di samping itu juga masih banyak sekali gelas yang terbuat dari bahan kaca seperti gelas untuk minuman jus, gelas untuk beer, gelas khusus untuk minuman cocktail, dan sebagainya. Biasanya gelas-gelas tersebut mempunyai desain atau bentuk serta ukuran yang berbeda-beda sesuai dengan manfaatnya.

Katalog Produk Mr. Kitchen

4.   Stationary

Stationary adalah jenis peralatan restoran yang berupa kertas ataupun terbuar dari alat tulis lainnya. Tepatnya ini merupakan peralatan tambahan atau pendukung untuk mengurangi tampilan yang terlalu sederhana hingga mempercantik saja.

Seperti halnya tempat makan lainnya, di restoran juga harus ada tissu baik itu untuk alas soup cup atau soucer maupun sekedar untuk mengusap sesuatu bagi pelanggan. Biasanya jenis tisu yang digunakan untuk kedua fungsi tersebut berbeda, dimana yang pertama cenderung lebih kasar dan yang kedua lebih halus.

5.   Linen

Linen merupakan peralatan dan perlengkapan restoran yang terbuat dari bahan kain. Peralatan jenis ini umumnya berfungsi untuk menjaga dan melindungi meja agar tidak kotor. Diantara peralatan tersebut meliputi alas meja, serber makan khusus untuk tamu atau guest napkin, serbet untuk mengelap peralatan dan penahan panas atau service cloth.

6.   Aksesoris meja

Aksesoris meja merupakan perlengkapan yang digunakan untuk mengisi meja tamu dan biasanya sebagai pendukung peralatan pokok. Ada banyak aksesoris meja meliputi:

·   Daftar menu makanan serta minuman

Daftar menu harus ada pada meja pengunjung yang di dalamnya berisi daftar makanan, minuman, serta harga-harganya. Daftar menu ini tidak cukup satu atau dua saja mengingat untuk mengantisipasi jika ada banyak tamu yang mengantri untuk memesan makan di restoran Anda.

·   Tempat merica, garam, serta tusuk gigi

Tempat merica dan garam ini penting sebab ada orang yang terkadang membutuhkan garam lebih untuk ditaburkan dalam makanannya, begitu pula dengan merica. Selain itu juga ada tusuk gigi yang tersedia di meja, dimana letaknya berjajar dengan tempat garam dan merica serta kecap dan saus.

·   Asbak dan vas bunga

Asbak ini untuk mengantisipasi pengunjung yang suka merokok agar tidak membuang sisa rokok atau sampah lainnya di sembarang tempat. Sementara itu, vas bunga berfungsi untuk mempercantik tampilan meja makan untuk pengunjung restoran serta bisa memberi efek tidak jenuh.

·   Nomor meja

Nomor meja berfungsi untuk memudahkan pengunjung serta Anda saat pemesanan makanan, khususnya ketika ada banyak antrian. Selain itu juga menghindari kekeliruan saat mengantarkan jenis makanan tertentu kepada pengunjung.

Jika memang Anda ingin membuka restoran, ada baiknya untuk menyiapkan modal material yang maksimal. Hal itu mengingat banyaknya peralatan serta perlengkapan untuk membuka restoran baik di awal maupun saat berlangsung.