Dapur merupakan tempat untuk melakukan kegiatan masak. Baik itu masak nasi, masak roti, ayam, dan berbagai makanan lainya. Di setiap bangunan pasti mempunyai dapur, karena dapur adalah salah satu ruangan utama yang harus ada. Dalam sebuah dapur terdapat berbagai peralatan masak, baik itu peralatan dapur besar dan kecil yang mempunyai fungsi masing-masing sesuai dengan kegunaanya.

Dalam memilih peralatan dapur untuk restoran ini yang paling penting adalah bahan alat dapur tersebut. Untuk bahan yang paling recommended dan paling baik adalah bahan stainless steel. Bahan stainless steel mempunyai komposisi yaitu kromium dan juga nikel. Bahan kromium tersebut dapat mencegah adanya oksidasi pada peralatan dapur serta bahan nikel berfungsi untuk mencegah adanya korosi sehingga paralatan dapur dapat tahan terhadap karat dan lembab.

Peralatan Dapur Ukuran Besar dan Kecil

A.     Alat Dapur Besar dan Fungsinya

1.     Kompor

Kompor merupakan alat dapur paling utama yang berfungsi untuk memasak makanan. Untuk menghasilkan makanan yang baik dan aman saat digunakan, peralatan dapur ini harus terbuat dari bahan anti karat yaitu stainless steel. Kompor tersedia dalam berbagai macam ukuran, ada yang 1 muka ada juga yang 2 muka.

2.     Oven

Oven ini digunakan untuk memanggang roti, atau makanan lainya yang akan disajikan dalam bentuk panggang. Alat dapur ini menggunakan tenaga listrik yang menjadikan suhu oven sangat tinggi. Oven terbuat dari bahan yang tahan terhadap panas sehingga tahan lama dan aman ketika digunakan atau tersentuh.

3.     Tilting pan

Tilting pan merupakan alat penggoreng besar yang digunakan untuk memasak makanan dengan jumlah banyak. Alat masak ini berbentuk segi empat dengan sumber panas dari gas. Tilting pan dilengkapi dengan alat pengungkit yang berfungsi untuk menuangkan masakan ketika sudah matang.

4.     Tilting boiling pan

Peralatan dapur yang satu ini digunakan untuk memasak makanan yang berupa kuah atau cairan seperti sup, souce dengan jumlah yang besar. Tilting boiling pan mempunyai bentuk bulat seperti panci namun ukuranya lebih besar dan terbuat dari bahan stainless steel.

5.     Freezer atau chiller

Alat dapur ini digunakan untuk menyimpan bahan makanan atau stok bahan dapur. Freezer mempunyai temperatur yang dingin sehingga dapat menjaga bahan makanan agar tetap segar. Terutama untuk menyimpan buah dan sayuran agar tetap fresh dan tahan terhadap pembusukan.

6.     Bain marie

Peralatan dapur ini digunakan untuk menyimpan makanan agar tetap panas ketika disajikan. Alat dapur ini dikombinasikan dengan air yang dipanaskan diatas kompor. Sehingga dapat dipindah-pindah sesuai dengan tujuan anda.

Katalog Produk Mr. Kitchen

7.     Kitchen trolly

Kitchen trolly merupakan alat dapur untuk memudahan berbagai aktivitas di dapur, salah satunya untuk mengantar bahan, alat, dan masakan. Jika anda mempunyai ruangan dapur yang terbatas, anda dapat menjadikan kitchen trolly ini sebagai tempat penyimpanan bahan makanan, untuk memudahkan anda ketika ingin mengambil bahan tersebut.

8.     Working table

Alat dapur ini digunakan sebagai meja tempat melakukan berbagai macam kegiatan memasakn serta untuk membuat persiapan pengolahan makanan. Peralatan dapur restoran ini sangat penting.

9.     Wastafel

Wastafel mempunyai fungsi sebagai tempat untuk mencuci bahan makanan sebelum di masak atau dioleh. Wastafel sering digunakan juga sebagai tempat mencuci peralatan dapur yang digunakan sehingga dapur selalu bersih begitu juga makanan yang dibuat.

10.  Meja makan set

Selanjutnya yang tidak boleh ketinggalan adalah meja makan set lengkap. Dalam sebuah dapur, tidak lengkap jika tidak ada meja makan. karena meja makan berfungsi untuk meletakan berbagai masakan yang anda buat dan menikmatinya bersama keluarga.

B.     Peralatan Dapur Kecil dan Fungsinya

1.     Wajan

Wajan penggoreng digunakan untuk menggoreng makanan dengan jumlah yang standar. Wajan biasanya terbuat dari bahan anti korosi atau stainless maupun teflon. Wajan juga dapat digunakan untuk memanggang dengan bentuk khusus.

2.     Panci

Panci digunakan untuk merebus makanan. Sehingga ukuranya lebih kecil daripada pan atau boiling pan. Panci yang digunakan dapat disesuaikan dengan ukuranya, sehingga makanan yang direbus dapat matang secara sempurna.

3.     Spatula

Spatula merupakan alat dapur yang digunakan untuk mengaduk masakan ketika memasak. Spatula mempunyai beberapa kelengkapan, yang dapat menunjang ketika memasak. Spatula adalah peralatan dapur yang selalu digunakan ketika memasak, sehingga harus terbuat dari bahan yang baik dan tahan terhadap panas.

4.     Tempat Pisau

Alat dapur ini digunakan untuk meletakan peralatan pisau dengan rapi dan aman. Tempat pisau tersebut terbuat dari bahan kayu, agar tidak mudah berkarat dan aman ketika terkena goresan pisau. Jika pisau tidak disimpan dengan baik dapat membahayakan siapa saja, khususnya anak-anak yang mungkin bermain di dapur.

5.     Alat peniris

Alat peniris set ini termasuk pisau, talenan, dan sebaginya yang dibutuhkan ketika anda ingin memotong bahan makanan. Alat peniris bisa terbuat dari bahan stainless atau kayu. Namun jika anda menginginkan alat dapur yang awet, kuat dan tahan korosi maka anda dapat menggunakan alat peniris dari bahan stainless.

6.     Sendok dan garpu

Sendok dan garpu merupakan peralatan dapur yang digunakan khusus untuk mengambil makanan atau bumbu atau lainya. Sendok berukuran kecil sehingga dapat memudahkan anda untuk mengambil sesuatu khususnya yang berbentuk cairan.

7.     Piring dan mangkuk

Alat dapur ini juga digunakan untuk wadah makanan atau bahan yang akan diolah atau dimasak. Piring berbentuk bulat dengan sedikit cekungan sedangkan mangkuk mempunyai cekungan yang lebih dalam.

Dalam sebuah dapur pasti mempunyai peralatan dapur besar dan kecil. Masing-masing peralatan dapur tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan anda. Dengan peralatan dapur yang lengkap dapat menunjang anda ketika melakukan kegiatan masak atau membuat makanan.

Buka juga : Tips memilih peralatan dapur online