Sebuah hotel yang memiliki fasilitas unggulan pasti memiliki dapur yang memadai. Peralatan dapur di hotel masa kiniĀ harus diperhatikan tidak boleh sembarangan. Hotel yang memiliki fasilitas bagus tentunya menyediakan perlengkapan dapur yang memiliki kualitas tinggi.

Peralatan dapur yang ada pada hotel tentunya berbeda dengan peralatan yang ada pada dapur rumah, umumnya peralatan yang ada di dapur hotel ini lebih besar serta menggunakan teknologi yang lebih canggih karenausaha dalam hotel tak hanya menyangkut segi penyediaan penginapan bagi pelanggan melainkan juga mencakup industri jasa boga untuk menyediakan makanan bagi tamu.

Gambaran Umum Dapur Hotel

Awalnya fungsi hotel hanyalah digunakan sebagai tempat tinggal sementara bagi para tamu yang ingin menyewa kamar hotel ketika berada di luar kota. Saat itu hotel tidak menyediakan fasilitas makanan dan minuman bagi tamunya, jadi pendapatan paling utama dari hotel ketika itu hanya berasal dari jasa penyewaan kamar saja.

Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya dunia perhotelan, usaha ini pun mulai melebarkan sayapnya di bidang industri jasa boga. Guna menambah fasilitas bagi para tamu agar memudahkan mereka dalam kebutuhan konsumsi. Semakin berkembangnya jasa ini, rupanya cukup menghasilkan keuntungan yang menjanjikan, maka dari itu pengelola hotel kini semakin profesional dalam penyediaan makanan dan minuman.

Kini, sistem pengolahan makanan dan minuman di perhotelan semakin menakjubkan. Disediakan dapur khusus yang begitu modern dan canggih demi menghasilkan makanan dan minuman layaknya di restoran ternama.

Dapur hotel merupakan salah satu bagian penting dari hotel yang tugas utamanya yaitu mengolah makanan dan minuman. Pembagian ruang dan tugas dalam dapur hotel ini sangatlah detail dan terperinci sesuai dengan fungsi dan kebutuhan masing-masing.

Semua petugas atau crew dapur hotel ini harus sudah dibekali dengan ketrampilan. Keahlian yang wajib dimiliki ialah pada bidang food and beverages untuk keperluan hospitality bagi para tamu. Dapur hotel ini biasanya terintegras dengan restoran hotel. Dapur hotel juga bertanggung jawab pada segala bentuk konsumsi yang dipesan oleh tamu ataupun klien yang mempercayakan hidangan pada pihak hotel untuk sebuah acara.

Katalog Produk Mr. Kitchen

Jenis Peralatan Dapur di Hotel

Seiring berkembangnya dunia perhotelan, aspek dapur dari sebuah hotel rupanya tak boleh dipandang sebelah mata. Keberadaan dapur sangat menentukan sumber penghasilan hotel dari penjualan makanan dan minuman yang khusus disediakan untuk para tamu, baik melalui restoran hotel maupun fasilitas langsung yang bisa diantar ke kamar tamu.

Peralatan yang disediakan di dapur hotel harus memiliki standar kualitas tinggi, karena produk makanan yang disiapkan oleh pihak hotel pasti memiliki cita rasa yang sangat tinggi demi memanjakan perut para tamu. Peralatan dapur yang ada di hotel tentunya tak sama dengan yang ada di dapur rumah.

Pada umumnya peralatan dapur di hotel lebih canggih, besar, serta terstruktur secara rapi. Perlengkapan yang ada di hotel terbagi menjadi dua jenis yaitu kitchen equipment dan kitchen utensil. Penjelasan dari kedua peralatan tersebut yaitu:

1. Kitchen equipment

Kitchen equipment merupakan peralatan dapur pada hotel yang ukurannya tergolong besar, berat, serta sulit untuk dipindah-pindahkan. Untuk menggerakkan kitchen equipment biasanya menggunakan mechanical equipment. Peralatan-peralatan yang termasuk dalam kategori ini memiliki fungsinya masing-masing.

Jika pada dapur rumah satu peralatan terkadang bisa dipakai untuk lebih dari satu fungsi atau multi fungsi. Namun dalam kitchen equipment semua penggunaan peralatan harus sesuai dengan fungsinya. Tidak dibolehkan untuk digunakan dalam keperluan yang lainnya, karena dalam dapur hotel mengerjakan sesuatu bukan dengan alat yang tepat makan akan menyebabkan kerusakan yang fatal.

Pada kitchen equpment, peralatan secara umum terbuat dari stainless steel, plastik, baja hitam, serta alumunium. Dalam peralatan ini tidak menggunakan bahan tembaga, seng, dan besi karena ketiga bahan tersebut mudah bersenyawa dengan bahan makanan serta gampang berkarat.

Peralatan yang ada pada kitchen equipment terdiri dari berbagai macam, seperti oven atau pemanggang, kompor gas, penggoreng besar, tilting boiling pan, deep fat fryer, salamander, meat grinder, meat slicer, potato peeler, dough mixer, chiller and freezer, working table, bain marie, dan sink.

2. Kitchen utensil

Berbeda dengan kitchen equipment, kitchen utensil ini merupakan peralatan dapur di hotel yang tergolong lebih simpel. Kitchen utensil adalah peralatan dapur di hotel yang kecil, serta sangat mudah untuk dipindah-pindahkan.

Kitchen utensil pun masih memiliki dua jenis, yakni kitchen cooking utensil dan kitchen cutting utensil. Kitchen cooking utensil yaitu peralatan dapur yang mudah dipindahkan, brukuran kecil yang digunakan untuk pengoperasian memasak dan mengolah makanan untuk menjadi hidangan siap saji.

Contoh perkakas yang tergolong kitchen cooking utensil yaitu pans, sautoir, frying pan, omelet pan, bowl, milk bucket, spider, baking tray, plate cover, funnel, skimmer, conical strainer, iron spatula, kitchen spoon, garlic squeezer, mandolin, dan masih banyak yang lainnya.

Sementara itu, kitchen cutting utensil adalah peralatan dapur di hotel yang mudah dipindahkan serta cenderung berfungsi untuk pemotongan bahan-bahan makanan. Keberadaan peralatan ini sangat penting untuk membuat bahan makanan semakin mudah untuk diolah dan dimasak.

Contoh peralatan dari kitchen cutting utensil yaitu, berbagai jenis pisau dapur seperti egg slicer, chopping block, cutting board, small vegetable knife, boning knife, filleting knife, collum cutter, meat hook, vegetable groover, dan masih banyak yang lainnya.

Peralatan dapur di hotel ini memang tergolong perkakas bukan biasa, alias peralatan dapur hotel masa kini tergolong mewahĀ untuk pemenuhan dapur. Dikarenakan peralatan ini digunakan untuk keperluan bisnis, sehingga masakan yang dihasilkan oleh peralatan ini pun mendatangkan keuntungan yang sesuai harapan. Selain itu, konsumen pun mendapatkan cita rasa makanan yang tinggi.