Peralatan dapur dari waktu ke waktu semakin memperlihatkan perkembangan yang cukup signifikan. Peralatan dapur semakin dikembangkan sesuai dengan fungsinya. Untuk memenuhi kebutuhan memasak skala besar, maka dibutuhkan peralatan dapur equipment terbaru agar masakan yang dihasilkan dalam jumlah banyak ini tetap terjaga kualitas dan kelezatannya.

Peralatan dapur equipment biasanya digunakan pada industri yang bergerak di bidang tata boga, seperti restoran, cafe, perhotelan, katering, bar, central kitchen dan lain sebagainya. Peralatan ini juga menjadi hal yang sangat penting karena perkakas ini menjadi senjata para chef ataupun koki untuk mengkreasikan sajian yang istimewa bagi para pelanggan.

Pengertian Kitchen Equipment

Dapur menjadi bagian terpenting dalam kehidupan manusia. Tak hanya menjadi bagian pemenuhan konsumsi, tapi dapur juga menjadi hal penting dalam roda perekonomian. Bagi mereka yang terjun di dunia industri tata boga, dapur sangatlah menentukan indikator keberhasilan dari sebuah bisnis yang digeluti.

Pada dunia industri tata boga, dapur ini menjadi hal mendasar yang harus diperhatikan kualitasnya oleh sang pelaku usaha. Peralatan yang digunakan pada industri tata boga pun tak sama dengan perkakas dapur rumahan. Umumnya peralatan dapur untuk bisnis berukuran besar dan sulit untuk dipindah-pindahkan.

Kitchen equipment merupakan solusi dalam pemenuhan dapur industri tata boga. Kitchen equipment adalah segala peralatan dapur yang berada dalam keadaan yang besar dan digunakan dalam proses pengolahan makanan, atau food production.

Kitchen equipment ini digunakan juga untuk menyimpan bahan-bahan makanan yang masih dalam keadaan mentah, ataupun makanan yang sudah siap saji. Peralatan yang tergolong dalam kitchen equipment ini dapat dikategorikan sebagai peralatan mesin. Oleh karena bentuknya yang besar membuat peralatan ini menjadi susah untuk dipindahkan.

Dalam pengoperasiannya, kitchen equipment ini didesain sudah terinstal ataupun terhubung dengan sistem yang lainnya, seperti jaringan listrik, gas, pipa PVC, serta ducting. Semua sistem ini menjadi satu kesatuan yang digunakan para koki untuk mengolah bahan makanan.

Idealnya, kitchen equipment proses pengerjaannya seperti mesin yang ada pada pabrik pada umumnya. Alatalat kitchen equipment tak bisa berdiri sendiri, peralatan yang ada dalam dapur ini saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Satu alat tidak akan mampu menghasilkan olahan makanan yang sempurna tanpa didukung oleh pengolahan lanjutan yang dikerjakan oleh alat-alat yang lainnya.

Katalog Produk Mr. Kitchen

Kitchen equipment terbagi menjadi dua jenis yakni:

1. Hot kitchen equipment yakni peralatan dapur yang dalam penggunannya berkaitan dengan panas dari gas, bara api, maupun listrik.

2. Cold kitchen equipmnet yaitu peraltan dapur yang memiliki fungsi untuk menyimpan suatu produk tertentu, produk yang masih mentah maupun matang serta dalam keadaan dingin maupun beku.

Jenis Peralatan Dapur Berdasar Fungsi

Bisnis yang bergerak di bidang tata boga seperti restoran, perhotelan, serta katering sangat membutuhkan sebuah peralatan khusus untuk mendukung kegiatan operasionalnya. Keberadaan dapur menjadi tempat untuk mengolah berbagai bahan makanan yang kemudian akan disalurkan kepada pelanggan.

Dalam kegiatan operasionalnya, dapur tentu saja harus didukung dengan berbagai peralatan yang memiliki kualitas bagus, serta harus dijalankan oleh tenaga kerja yang ahli dalam bidangnya. Oleh karena itu tak jarang alat-alat dapur ini bersifat ekslusif dan tidak semua orang bisa mengoperasikannya.

Alat-alat yang khusus yang digunakan dalam industri tata boga memiliki spesifikasi tersendiri yang didesain secara khusus. Alat-alat yang digunakan dalam industri ini yaitu peralatan dapur equipment. Peralatan ini memiliki fungsi masing-masing yang dalam kinerjanya selalu berhubungan dengan alat-alat lainnya. Berdasarkan fungsinya, peralatan dapur equpment dibagi menjadi:

1. Preparations equipments

Preparations equipment merupakan peralatan dapur dalam industri tata boga yang digunakan pada tahapan awal yakni persiapan pengolahan. Contoh alat preparations equipment yaitu dough mixer yang digunakan untuk menyiapkan bahan adonan roti pada bagian bakery. Alat ini pada umumnya digeakkan menggunakan bantuan tenaga listrik.

Alat berikutnya yang termasuk dalam kategori ini yaitu alat penggiling daging, alat pengiris daging yang dijalankan dengan listrik, alat untuk menghaluskan makanan atau foof blender, dan alat untuk mengiris roti atau bread slicer.

2. Processing equipment

Processing equipments yaitu peralatan dapur yang digunakan dalam tahapan untuk pengolahan bahan bahan makanan. Contoh dari alat ini yaitu berbagai macam coocking range, baik dari gas maupun listrik, berbagai jenis oven, berbagai macam utensils, aneka jenis knifes, serta frying pan.

3. Service atau plating equipments

Service atau sering disebut dengan plating equipments ini adalah peralatan dapur yang digunakan untuk keperluan tahap akhir yaitu penyajian. Jenis peralatan ini terbilang banyak jumlahnya karena pada tahap ini tampian hidangan harus disiapkan semenarik mungkin.

Contoh alat-alat service atau plating equipments yaitu sizzling platter untuk steak yang berbentuk oval, fjallraven kanken mini casserole yang merupakan alat penyajian untuk jenis casserole yang memiliki sifat tahan terhadap api, marmite atau alat ubtk menyajikan sup yang terbuat dari porselen tahan api, serta masih banyak yang lainnya.

Selain itu ada juga beberapa alat lain yang tergolong dalam peralatan dapur equipment seperti deep fat fryer atau alat besar yang digunakan untuk menggoreng, range tops yang menjadi media memasak bersama, salamander yaitu sebuah sarana yang digunakan untuk memanggang makanan, serta rice cooker.

Peralatan dapur equipment ini memang identik dengan usaha tata boga kelas atas. Hasil makanan dari peralatan ini pun tak main-main, memiliki cita rasa tinggi yang dibanderol dengan harga mahal serta banyak dicari-cari oleh pelanggan demi memuaskan lidah dan perut.