Hotel bukan hanya sekedar masalah memberikan fasilitas kamar yang baik bagi pengunjungnya. Lebih dari itu, hotel juga harus berperan baik dalam memberikan pelayanan lainnya. Salah satunya adalah melalui hidangan yang disajikan. Banyak hotel saat ini yang sekaligus memiliki restoran di dalamnya. Dalam hal ini, peralatan dapur hotel harus diperhatikan dengan baik.

Restoran atau dapur pada hotel selayaknya memiliki peralatan yang lengkap untung menunjang kegiatan memasak. Setiap peralatan memasak yang ada pada dapur, khususnya pada dapur besar seperti pada restoran harus memiliki fungsinya masing-masing. Maka dari itu, ada beberapa peralatan yang wajib ada pada sebuah restoran atau dapur hotel.

Peralatan dapur hotel berupa mechanical equipment

Untuk ukuran dapur hotel, mayoritas peralatan yang digunakan adalah peralatan besar atau peralatan yang susah untuk dipindah-pindahkan; peralatan-peralatan ini disebut mechanical equiment, yang mencakup beberapa peralatan dengan fungsi penting. Berikut adalah jenis-jenis mechanical equipment:

Kompor/stove

Peralatan kitchen hotel pertama yang wajib ada adalah kompor. Ada dua jenis kompor yang beredar di pasaran, yaitu kompor dengan tenaga gas dan listrik. Untuk dapur pada hotel, kompor yang sering digunakan adalah kompor gas. Hal ini dikarenakan kompor gas sangat sesuai untuk kondisi dapur hotel. Manfaat dari penggunaan kompor gas lebih terasa pada dapur hotel.

Kompor sendiri memainkan peran yang penting bagi sebuah dapur. Dimana menggoreng, merebus, sampai dengan menumis bisa dilakukan oleh kompor dengan bantuan wajan atau juga panci.

Pemanggang/oven

Alat masak berikutnya yang juga wajib ada adalah oven. Kehadiran oven bisa melengkapi keharusan memasak hidangan yang tidak bisa dilakukan menggunakan kompor, misalnya memanggang. Oven bisa digunakan untuk memanggang berbagai hidangan, baik itu hidangan utama atau hidangan lainnya.

Oven terdiri dari tiga jenis yaitu diantaranya adalah oven gas, oven listrik, dan oven natural. Ketiganya memiliki keunggulannya masing-masing. Seperti misalnya kompor natural yang memberikan aroma khas pada hidangan yang dipanggang. Hal ini dikarenakan bahan bakar yang digunakan oleh kompor natural adalah kayu bakar. Bahkan pada era modern ini, masih banyak yang menggunakan oven natural untuk mempertahankan bau khasnya.

Penggoreng besar/tilting pan

Hidangan yang di masak pada dapur hotel umumnya dalam jumlah yang banyak. Jika hanya memasak dengan wajan rumahan di atas kompor pasti akan lama sekali. Maka dari itu sebuah dapur hotel memerlukan penggorengan besar untuk memasak hidangan dalam jumlah yang banyak. Memasak menggunakan alat ini akan lebih memudahkan dan juga menghemat waktu.

Hidangan yang biasa dimasak menggunakan penggorengan besar adalah seperti nasi goreng atau hidangan yang ditumis.

Katalog Produk Mr. Kitchen

Tilting boiling pan

Fungsi tilting plan memang hanya sebatas menggoreng atau menumis dalam jumlah yang banyak. Sebuah dapur hotel lebih dari itu. Untuk melengkapi, dapur hotel juga perlu tilting boiling pan yang mana memungkinkan untuk memasak hidangan cair dalam jumlah yang banyak. Hidangan yang dimasak bisa berupa sup atau hidangan cair lainnya.

Deep fat fryer

Kentang goreng umumnya selalu ada pada menu hidangan di hotel. Untuk lebih memudahkan memasak kentang goreng atau makanan sejenisnya, maka diperlukan alat khusus. Alat ini bernama deep fat fryer yang mana membutuhkan banyak minyak untuk menggoreng. Bahan makanan yang ingin dimasak tinggal dimasukkan saja ke deep fat fryer.

Meat grinder

Jika hanya menggunakan tangan, sebuah daging tidak mungkin bisa dipotong-potong hingga kecil dan halus. Dapur hotel membutuhkan alat yang disebut meet grinder. Alat ini mampu menggiling daging hingga kecil-kecil dan halus. Alat ini sangat berguna untuk hidangan yang membutuhkan daging halus, misalnya seperti bakso atau hidangan lainnya.

Salamander

Ada menu tertentu yang dimasaknya tidak bisa hanya dengan mengandalkan pemanggang berupa oven. Contohnya pizza, pie, atau sejenisnya. Hidangan seperti itu membutuhkan pemanggang dengan sumber panas berasal dari atas. Alat khusus yang digunakan untuk memanggang hidangan sejenis itu disebut salamander yang mana menghasilkan panas dari atas.

Meat slicer

Untuk memudahkan proses meotongan daging dan juga supaya lebih repih, dapur hotel setidaknya menyediakan meat slicer. Alat ini sangat mudah dioperasikan, bahkan bisa mengatur tebal atau tipisnya daging yang akan dipotong hanya dengan menyentuh tombol. Alat ini juga bisa digunakan untuk memotong bahan makanan lainnya seperti sayuran atau bahkan roti.

Potato peeler

Mengupas kentang dengan tangan sangatlah tidak efektif jika itu untuk urusan hotel karena butuh kentang dalam jumlah banyak. Tenaga manusia pasti akan kesusahan jika harus mengupas kentang sebanyak itu. Maka dari itu, dapur hotel juga harus memiliki potato peeler.

Chiller/freeze

Sebuah dapur hotel harus memperhatikan penyimpanan bahan makanan supaya tidak basi dan awet. Untuk itu, maka dapur hotel memerlukan lemari pendingin sebagai tempat menyimpan bahan makanan yang akan diolah.

Dough mixer

Supaya lebih efektif, mengaduk adonan kue jangan menggunakan tangan, Gunakan alat bernama dough mixer yang mampu menghemat tenaga dan lebih efektif dalam waktu.

Working table

Bagian yang tak kalah penting dari dapur hotel adalah working tabel. Di sini, setiap koki akan beraktivitas mengolah hidangan untuk para tamu.

Sink

Baik itu peralatan kotor atau bahan makanan, semuanya perlu dicuci untuk menjaga higienitas. Dapur hotel sangat memerlukan sink sebagai tempat mencuci.

Banyak peralatan yang harus diperhatikan berkaitan dengan dapur hotel. Peralatan yang disebutkan adalah mechanical equiment yang penting berada di dapur hotel. Dengan peralatan tersebut, koki akan lebih mudah menyiapkan hidangan untuk para pengunjung.

Buka Juga: penjelasan peralatan dapur hotel

One Comment

Comments are closed.