Berbicara tentang fungsi dapur, ada salah satu bentukan dapur yang memiliki fungsi khusus, yaitu dapur pastry. Dapur jenis ini dibuat khusus untuk menghidangkan sajian-sajian dessert. Baik itu pudding, cake, cookies, coklat, pastry, dan masih banyak aneka dessert lainnya. Semua dessert tersebut berasal dari dapur pastry. Berbeda dengan dapur umum, dapur ini khusus menggunakan peralatan dapur pastry.

Banyak jenis-jenis peralatan dapur yang dikhususkan untuk dapur pastry. Hal ini dikarenakan dapur pastry harus bisa memenuhi tujuannya, yaitu menghidangkan sajian dessert. Dengan demikian, banyak unsur-unsur yang wajib ada pada jenis dapur ini untuk nantinya bisa berfungsi dengan baik.

Klasifikasi Peralatan Dapur Pastry

Di mata orang awam, mungkin semua peralatan dapur hanya disebut sebagai perlatan. Namun hal ini berbeda di mata orang-orang yang akrab dengan perkerjaan dapur. Untuk mempermudah dalam mengklasifikasikan peralatan ini, mereka mengklasifikasikan peralatan dapur pastry menjadi dua, yaitu equipment dan utensils.

Equiment merupakan klasifikasi untuk peralatan-peralatan yang berukuran besar yang tidak memungkinkan untuk dipindahkan atau susah untuk dipindahkan. Klasifikasi ini meliputi perlatan berat baik itu yang menggunakan tenaga listrik atau tidak. Berikut adalah daftar peralatan yang ada dalam klasifikasi equiment:

Ingredient Rack

Peralatan yang satu ini kurang lebih sama seperti rak-rak dapur pada umumnya. Namun, dalam dapur pastry, rak seperti lebih memiliki ruang-ruang untuk menyimpan bahan-bahan yang berbeda. Kehadiran ingredient rack sangatlah penting untuk dapur pastry, karena dengan adanya rak ini bahan-bahan bisa lebih tersimpan dengan rapih yang juga untuk menjaga kualitasnya.

Marble Table

Meja ini terbuat dari marmer yang mana difungsikan untuk mengolah dessert seperti coklat dan lainnya.

Working Table

Meja lainnya yang penting berada di dapur pastry adalah working table. Sebuah meja kerja yang berbahan dasar stainless steel agar tidak berkarat dan mengurangi kualitas pengolahan.

Dough Mixer

Seperti namanya, alat yang satu ini merupakan peralatan dapur pastry yang digunakan untuk mengaduk adonan. Dengan tenaga mesin ini, juru masak tidak perlu repot-repot menggunakan tenaga manusia.

Dough Divider

Mirip-mirip seperti Dough Mixer, alat ini berfungsi untuk membagi adonan, khususnya adonan roti.

Dough Sheeter

Alat pengolah adonan lainnya adalah dough sheeter. Alat ini berfungsi untuk menipiskan adonan, khususnya pada adonan pastry.

Katalog Produk Mr. Kitchen

Proofing Cabinet

Untuk membantu mengembangkan adonan roti, dapur pastry selayaknya memiliki proofing cabinet. Alat ini berfungsi untuk menjadi tempat penyimpanan adonan roti, yang mana juga membantu untuk mengembangkan adonan yang disimpan.

Dishwasher Machine

Selain untuk pengolahan bahan, alat yang sangat wajib ada adalah diswasher machine. Dengan ini, perlatan-peralatan yang telah digunakan bisa segera dicuci dan digunakan kembali.

Oven

Dapur pastry juga wajib memiliki oven, karena banyak hidangan pastry yang harus dipanggang.

Cooling Rack

Alat ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan sekaligus membantu mendinginkan hidangan yang baru saja matang.

Bread Slicer

Urusan potong-memotong, khususnya untuk roti atau sejenisnya, dapur pastry selayaknya menggunakan bread slicer untuk lebih mengefektifkan waktu dan tenaga.

Deep fat fryer

Alat ini merupakan alat penggorengan yang mampu menampung minyak dalam jumlah banyak. Umumnya, alat ini digunakan untuk menggoreng kentang atau sejenisnya.

Salamander

Mirip-mirip dengan oven, alat pemanggang yang satu ini dikhususkan untuk memanggang pizza.

Stove

Alat yang juga wajib ada dalam dapur pastry adalah stove. Alat ini memerankan fugsi penting untuk memasak hidangan.

Sink

Sebagai pelengkap, selain sudah adanya dishwasher yang berfungsi untuk mencuci piring, sebenarnya dapur pastry juga wajib memiliki sink atau tempat mencuci untuk mencuci bermacam perlatan atau bahan.

Walk in refrigator

Alat ini merupakan sebuah lemari pendingin yang suhunya dapat diatur. Fungsi utamanya adalah untuk menjaga kualitas bahan-bahan yang mudah rusak.

Utensils merupakan klasifikasi alat-alat ringan yang mudah dipindahkan dan dibawa-bawa. Banyak dari alat-alat dalam klasifikasi ini yang berperan penting dalam pengolahan dessert karena saling melengkapi dengan fungsi equipment. Berikut adalah daftar peralatan yang ada dalam klasifikasi utensils:

1. Balloon wish (pengocok telur manual)

2. Bread knife (pisau roti)

3. Cake knife (pisau cake)

4. Lemon squeezer (pemeras lemon)

5. Grater (pemarut)

6. Scale (timbangan)

7. Measurement glass (pengukur bahan cair)

8. Mould (cetakan roti atau kue)

9. Spatula (perata atau penghalus adonan)

10. Scrapper (pengeruk adonan)

11. Dough cutter (pemotong adonan)

12. Whisking bowl (mangkuk untuk mengocok adonan)

13. Rolling pin (rolling kayu untuk menipiskan adonan)

14. Pastry cutter (pemotong adonan berbentuk pisau dengan roda)

15. Danish pastry cutter (seperti pastry cutter, namun dalam sekala yang lebih besar)

16. Croissant cutter (pemotong adonan croisant)

17. Pastry bag (kain atau plastik berbentuk segitiga)

18. Piping tube (alat untuk menghias tart)

19. Pastry brush (kuas dari kayu atau plastik)

20. Parisian cutter (alat pemotong buah-buahan menjadi bulat kecil-kecil)

21. Flour sifter (pengayak tepung)

22. Baking tray (loyang adonan untuk oven)

23. Brioche mould (lotang roti brioche)

24. Pie mould (loyang pie)

25. Can opener (pembuka kaleng)

Dalam kesatuan dapur pastry, memang membutuhkan perlatan sebanyak itu. Semua alat yang telah disebutkan memiliki peran pentingnya masing-masing dalam dapur pastry. Tanpa beberapa alat-alat tersebut, juru masak nantinya pasti akan kesulitan untuk mengolah bahan yang akan dijadikan hidangan. Maka dari itu, semua peralatan tersebut selayaknya ada dalam dapur pastry.

Buka Juga: Toko Peralatan Dapur Unik Bandung