Burger merupakan makanan yang terkenal dengan rasa nikmatnya. Dimana burger sendiri terbuat dari roti dengan isian yang beragam. Namun yang membuat burger terasa lezat adalah isian berupa daging panggang. Daging ini terbuat dari daging sapi yang dibentuk bulat menggunakan peralatan masak modern.

Alat masak burger ini memiliki bentuk bulat dan dapat memadatkan daging sapi. Sehingga nantinya anda bisa mencetak daging menjadi bulatan-bulatan. Dalam penerapannya sendiri untuk mencetak dan memanggang daging tersebut dibutuhkan beberapa peralatan masak.

Beragam Peralatan Masak modern untuk Burger

1.      Single Burger Maker

Peralatan masak pertama yang bisa anda siapkan adalah single burger maker. Alat masak ini merupakan alat yang digunakan untuk mencetak daging sapi menjadi bulatan-bulatan. Cara kerjanya adalah dengan sistem press sehingga bisa menciptakan daging yang padat. Selain itu bentuk teksturnya lebih rapi bila menggunakan alat press yang satu ini.

Selain single burger maker terdapat juga double burger maker. Pada dasarnya cara kerjanya sama yaitu dengan menekan daging hingga memiliki bentuk bulat. Namun double burger maker lebih cepat dalam mencetak daging tersebut. Sudah sangat jelas mengingat peralatan masak modern ini bisa mencetak dua bulatan sekaligus dalam satu waktu.

2.      Wajan Persegi

Peralatan masak modern berikutnya yang harus anda siapkan adalah wajan persegi. Dimana alat masak inilah yang akan digunakan untuk memanggang daging yang telah dicetak. Wajan persegi adalah wajan dengan bentuk persegi dan memiliki permukaan yang datar atau rata. Dimana anda dapat memanggang daging burger di atas permukaan wajan tersebut.

Cara menggunakan wajan ini sama dengan wajan pada umumnya. Cukup letakkan alat masak ini di atas kompor atau api. Oleskan minyak goreng atau margarin di atas permukaan wajan tersebut. Tunggu hingga panas dan anda siap memanggang daging burger di atas wajan persegi tersebut. Kelebihan wajan persegi dalam memanggang daging burger adalah hasil panggangan yang lebih merata.

3. Peralatan Masak Modern – Pemanggang

Selain menggunakan wajan persegi anda juga bisa menggunakan alat pemanggang asli. Dimana alat masak ini biasa menggunakan bara api dari kayu untuk memanggang daging burger. Peralatan masak modern ini dikhususkan bagi anda yang ingin membuat makanan yang dipanggang, mulai dari sate, ayam bakar, hingga burger bisa anda buat menggunakan alat masak ini.

Tidak perlu khawatir bagi anda yang tidak suka repot dengan alat pemanggang manual ini. Dimana sekarang sudah banyak alat pemanggang yang lebih modern. Hanya dengan tenaga listrik saja anda sudah bisa memanggang sebuah daging burger dengan sangat mudah, apalagi alat dapur ini bisa membuat panggangan yang lebih nikmat dengan kematangan hingga di bagian dalam daging tersebut.

Katalog Produk Mr. Kitchen

Cara Membuat Daging Burger dengan Peralatan Masak Modern

1.      Buat Adonan Daging

Setelah anda menyiapkan peralatan masak modern yang digunakan untuk memasak daging burger, kemudian anda bisa menyiapkan daging yang akan digunakan. Perlu diperhatikan bahwa daging yang digunakan dalam burger bukanlah daging asli, namun terdapat campuran tertentu sehingga menciptakan rasa yang lebih enak dan juga nikmat.

Pertama siapkan daging sapi yang telah digiling halus, lalu campurkan daging tersebut dengan sedikit tepung roti. Setelah itu masukkan beberapa bumbu seperti bawang, garam, dan bumbu penyedap lainnya. Dengan adanya beragam bumbu ini anda bisa mendapatkan daging yang lebih gurih. Tak lupa siapkan juga margarin, saus, dan kecap manis untuk ditambahkan saat proses memanggang.

2.      Cetak Daging Burger

Setelah anda membuat adonan daging burger tersebut, berikutnya anda bisa membuat cetakan daging menjadi bulatan-bulatan. Disini anda bisa mencetak bulatan menggunakan dua cara yaitu secara manual atau menggunakan peralatan masak modern. Dimana kini sudah terdapat alat cetak modern berupa burger maker dan burger press yang akan membantu anda dalam mencetak daging tersebut.

Tentunya menggunakan alat masak modern bernama burger maker atau burger press ini akan mempermudah anda, mencetak burger semakin cepat dan juga sangat efisien. Apalagi hasil cetakan daging tersebut juga akan menjadi lebih rapi dan juga lebih padat, sehingga anda bisa membuat burger dengan cita rasa yang lebih menggiurkan.

3.      Masak di Kedua Sisi

Tahap berikutnya adalah memasak atau memanggang daging burger, dimana anda bisa menggunakan Peralatan masak modern berupa alat pemanggang atau wajan persegi. Tentunya masing-masing alat masak ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tergantung selera anda lebih baik memasak menggunakan wajan persegi atau alat masak khusus untuk memanggang.

Namun pastinya anda harus memasak daging burger dari dua sisi, hal ini bertujuan untuk mendapatkan daging yang matang secara merata. Selain itu dengan memanggang dari dua sisi bumbu tambahan berupa saus atau kecap manis bisa lebih meresap dengan sempurna.

4.      Siapkan Sayuran Sebagai Isian

Terakhir anda bisa menyiapkan sayuran alami untuk menjadi pendamping isian burger, susunlah dengan urutan paling bahwah roti, daging, sayuran, dan yang paling atas adalah roti lagi. Sajikan selagi hangat supaya rasa daging panggang bisa lebih terasa lebih sedap.

Jangan lupa tambahkan saus atau toping lain sebagai pendamping burger, hal ini bertujuan untuk membuat burger semakin nikmat tentunya. Menu burger ini sangat cocok untuk menjadi hidangan di kafe, restauran, ataupun sebuah hotel.

Burger memang merupakan makanan yang banyak digemari oleh masyarakat dunia, bahkan di Indonesia sendiri menjadikan burger sebagai masakan atau makanan utama di beberapa tempat makan. Tak heran mengingat proses yang mudah dengan peralatan dapur modern, membuat burger bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia dengan mudah dan juga cepat.

One Comment

Comments are closed.