Berdasarkan jenis bahannya maka peralatan dapur terbaut dari beberapa bahan seperti stainless steel, aluminium, teflon, tembaga dan lain – lain. Diantara berbagai macam bahan tersebut peralatan masak stainless steel termasuk dalam kategori peralatan masak yang banyak diminati dan populer di kalangan masyarakat.

Setiap peralatan dapur membutuhkan perawatan agar alat – alat tersebut dapat awet dan tahan lama. Dengan demikian Anda dapat menghemat pengeluaran. Oleh karena itu, sebelum Anda membeli peralatan dapur pelajari atau carilah informasi tentang peralatan yang akan Anda beli.

Kelebihan dan Kekurangan Peralatan Masak Stainless Steel:

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari peralatan masak yang terbuat dari bahan stainless steel:

  1. Peralatan dengan bahan stainless steel mudah untuk dibersihkan dan dirawat.
  2. Peralatan dapur berbahan stainless steel ini bersifat anti korosi.
  3. Awet dan dapat digunakan dalam dalam waktu yang lama dan sangat kuat karena pori – porinya sangat rapat bahkan bisa dikatakan tidak berpori – pori.
  4. Tidak menyebabkan munculnya jamur
  5. Tidak dapat mempengaruhi bau dan rasa
  6. Bersifat multifungsi dan dapat dimanfaatkan sebagai tempat berbagai jenis makanan
  7. Peralatan masak berbahan stainless steel tetap berkilau setelah dibersihkan, meskipun telah lama dipakai.
  8. Permukaannya sangat halus sehingga sehingga tidak mudah rusak, retak dan lain – lain.

Kekurangan dari peralatan stainless steel antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Alat masak ini termasuk dalam kategori penghantar panas yang kurang baik.
  2. Harga peralatan masak dari bahan stainless steel lebih mahal  dibandingkan jenis bahan lainnya.
  3. Saat bagian luar terkena panas yang tinggi dapat berubah warna menjadi hitam
  4. Apabila peralatan masak terkena air garam dalam jangka waktu yang lama dapat merusak peralatan tersebut.

Contoh Peralatan Masak Stainless Steel

Berikut ini adalah beberapa peralatan macam peralatan dapur stainless steel:

1.  Kompor

Kompor merupakan salah satu kebutuhan pokok di dalam rumah tangga.  Fungsi adalah untuk memasak makanan.  Anda dianjurkan memilih kompor yang berkualitasagar terjamin kualitas dan keamanannya.

Katalog Produk Mr. Kitchen

2.  Kitchen sink

Hampir di setiap dapur tersedia adanya kitchen sink yang mana fungsinya adalah untuk mencuci bahan makanan.

3.  Wajan

Wajan untuk memasak banyak terbuat dari bahan stainless steel sehingga awet dan tahan lama. Fungsi wajan juga beranekaragam, antara lain adalah untuk memasak sayuran, menggoreng makanan dan lain – lain. Cara membersihkannya pun sangat mudah.

4.  Panci

Panci juga terbuat dari bahan stainles steel yang mana tersedia dalam beragam bentuk dan ukuran. Masing – masing memiliki fungsi yang berbeda – beda. Ada yang dimanfaatkan untuk merebus air, memasak sayur sup dan lain – lain.

5.   Solet

Salah satu alat pelengkap yang digunakan untuk menggoreng makanan.

6.   Sendok dan Garpu

Dengan bahan stainles steel, fungsinya adalah sebagai alat untuk makan

7.   Pisau

Pisau juga dapat dijumpai dengan bahan stainless steel, fungsinya adalah untuk memotong bahan – bahan agar ukurannya menjadi lebih kecil.

8.   Ceret

merupakan salah satu alat yang terbuat dari stainless steel dan berfungsi untuk merebus air

Tips Membersihkan dan Merawat Peralatan Masak Stainless Steel

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda jadikan sebagai sumber referensi untuk merawat dan membersihkan peralatan dapur Anda agar tetap bersih dan tahan lama. Anda dapat memakai spon seperti halnya saat mencuci peralatan seperti gelas dan piring.  Anda juga dapat memanfaatkan air jeruk lemon tau cuka untuk menghilangkan bau pada peralatan dapur.

Apabila Anda akan mencuci kerak pada alat berbahan stainless steel maka Anda dapat merendamnya dengan air dingin sehingga mudah untuk dibersihkan. Anda juga dianjurkan agar memastikan bahwa peralatan yang Anda simpan telah kering agar menjaga keawetan barang tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tips merawat alat – alat dapur berbahan stainless steel:

Tips Merawat Gagang Peralatan Masak Stainless Steel

Pada umumnya perabotan yang terbuat dari stainless steel terdapat gagangnya. Cara membersihkannya adalah dengan mengelap menggunakan kain berbahan mikrofiber.  Dengan demikian Anda tidak membutuhkan pembersih yang mengandung bahan kimia untuk membersihkan perabotan dapur stainless steel bergagang.

Bahan Anti Karat

Salah satu cara untuk menghilangkan karat pada peralatan Anda adalah dengan menggunakan bubuk pumice. Cara penggunaannya adalah dengan dicampur bersama air. Pasta yang terbentuk dapat Anda oleskan pada bagian yang berkarat. Selanjutnya dibilas menggunakan air hangat sehingga hasilnya peralatan Anda terbebas dari karat.

Membersihkan Meja di Dapur

Meja dapur atau yang populer dengan nama kitchen set ini ada yang terbuat daru bahan stainless steel.  Cara merawatnya adalah dibersihkan menggunakan sabun biasa setelah selesai digunakan. Anda tidak dianjurkan menggunakan bahan pembersih yang bersifat abrasif.

Menghilangkan Noda Peralatan Masak Stainless Steel

Noda hitam seringkali terdapat pada kompor karena terpapar oleh api.  Anda dapat membersihkannya menggunakan campuran antara baking soda, lemon dan borak.  Caranya bahan tersebut dicampur lalu dioleskan pada bagian yang ada nodanya.  Setelah itu dibilas menggunakan soda. Terakhir dilap dengan kain mikrofiber.

Peralatan Masak Stainless Steel Diusahakan agar tetap kering

Hal ini perlu diperhatikan sehingga setelah selesai dicuci langsung dilap menggunakan kain. Tujuannya adalah untuk mencegah munculnya bercak akibat air yang mengering.

Membersihkan Peralatan Masak Stainless Steel dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun ternyata juga dapat bermanfaat untuk membersihkan dan merawat peralatan stainless steel.  Caranya adalah pertama Anda cuci peralatan menggunakan air dan sabun. Selanjutnya  minyak zaitun dioleskan pada lap lalu diusapkan pada bagian peralatan berbahan stainless steel.

One Comment

Comments are closed.