Membuka café merupakan bisnis yang menjanjikan di masa sekarang. Bukan hanya orang tua saja yang menggeluti bisnis ini, namun juga banyak sekali kalangan milenial yang melakukannya. Tidak heran jika kini ada banyak sekali jenis konsep café mulai dari clasik, retro, modern dan sebagainya. Karena itu pula harus dilengkapi dengan perlengkapan dapur café yang modern serta berkualitas.

Macam-Macam Perlengkapan Dapur Café Modern

Di zaman yang serba canggih dan cepat ini, sebagian pemilik usaha café terdorong untuk menyediakan peralatan maupun perlengkapan penunjang bisnisnya, tidak terkecuali urusan dapur. Berikut ini adalah beberapa macam alat dapur café yang modern:

1.   Coffee maker

Coffee maker merupakan mesin pembuat kopi yang sering Anda temui di beberapa kafe maupun restoran. Adanya peralatan semacam ini pastinya akan mempermudah pekerjaan Anda saat membuat atau meracik kopi. Meskipun mesin, Anda tidak perlu khawatir dengan kuaitas rasanya nanti karena itu tetap sama dengan buatan kopi rumahan.

2.   Coffee grinder

Alat yang satu ini merupakan mesin untuk menghaluskan biji kopi. Seringkali dalam café terdapat peralatan ini, dimana para barista bisa langsung membuat kopi dari biji yang dihaluskannya langsung atau seketika pelanggan memesan. Hal itu menjadikan minuman kopi tersebut lebih segar dan terasa original kopinya.

Coffee grinder maupun coffee maker merupakan dua komponen penting yang harus ada di café, mengingat kini banyak sekali café yang selalu menyediakan beragam minuman kopi. Jika kopi sudah halus, Anda tinggal memasukkannya dalam mesin pembuat kopi yang di dalamnya sudah ada air, sehingga Anda tinggal menekan tombol agar kopi keluar.

Katalog Produk Mr. Kitchen

3.   Juicer

Café biasanya bukan hanya menyediakan satu jenis minuman saja misalnya kopi, namun juga banyak lainnya seperti teh, beragam jus, dan sebagainya. Agar pelayanan menjadi lebih cepat, Anda bisa menggunakan juicer yang merupakan mesin pembuat jus. Alat ini dapat menghaluskan buah maupun sayuran.

Di samping itu juga bisa memisahkan partikel buah maupun sayur dari ampasnya, sehingga tidak membutuhkan penyaringan lagi. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah membuat serta menyajikan minuman dari beragam buah. Demikian, juicer ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan blender, hanya saja peralatan ini lebih bagus kualitas bahannya.

4.   Alat pemanggang roti

Banyak café maupun restoran di luar negeri yang selalu menggunakan alat pemanggang roti. Tidak ketinggalan pula beberapa café di Indonesia juga menggunakannya untuk mempermudah pelayanan. Anda tidak perlu capek dan lama-lama di depan tempat pembakaran yang penuh asap saat membuat roti bakar pesanan pelanggan.

Peralatan yang juga sering disebut dengan bread toaster ini dengan praktis dan singkat menjadikan roti Anda kering seketika. Anda tinggal memasukkan beberapa potong roti pada mesin pemanggang selama bebera saat kemudian keluarkan dengan menekan tombol. Bukan hanya itu, Anda juga tetap bisa menambahkannya dengan kopi, cokelat, selai dan sebagainya sesuai dengan selera.

5.   Food processor

Alat ini bisa dikatakan cukup multifungsi karena bisa Anda gunakan untuk beberapa hal mulai dari mengaduk, memecah, hingga mencapurkan berbagai bahan makanan. Bukan hanya itu saja, alat ini bisa Anda gunakan untuk menghaluskan es batu, es krim, dan snowflakes. Oleh sebab itu, food processor seringkali menjadi alat andalan di dapur café.

Karena food processor bisa menghaluskan es, maka tidak ada salahnya bagi Anda yang ingin membuka bisnis café untuk memilikinya. Hal itu disebabkan beberapa minuman yang ditawarkan di café seringkali menggunakan es baik itu yang masih padat maupun yang sudah dihaluskan.

Tips Merawat Perlengkapan Dapur di Café

Peralatan dapur café tersebut harus Anda rawat dengan baik dan maksimal agar awet atau tidak mudah rusak. Meskipun peralatan tersebut sifatnya modern yang terbuat dari bahan anti karat serta dengan teknik yang canggih, namun tetap perlu di jaga mengingat itu termasuk aset café yang sangat berguna dan membantu. Berikut adalah beberapa tipsnya:

1.   Taruh dan simpan di tempat yang tertutup

Taruhlah peralatan dapur di tempat yang bersih serta terhindar dari banyaknya debu. Hal itu bertujuan agar makanan juga tetap higienis. Ada baiknya Anda menaruh peralatan dapur café

Jika sudah tidak dipakai sementara waktu, sebaiknya simpan di tempat yang tertutup misalnya di lemari perkakas atau semacamnya.

2.   Bersihkan peralatan setelah digunakan

Setalah penggunaan peralatan dapur sebaiknya segera bersihkan agar kotoran tidak penuh. Ada beberapa peralatan yang cukup dilap saja seperti pemanggang roti, sebab jika diberi air justru bisa menimbulkan kerusakan. Kadang pula ada peralatan dapur yang mempunyai alat pembersih khusus bentuknya semacam kuas halus dan sebagainya.

Sementara itu ada beberapa peralatan yang boleh dan bisa Anda cuci menggunakan sedikit air seperti juicer atau blender, namun hanya bagian gelasannya saja. Jadi, saat membersihkan beberapa peralatan menggunakan air, jangan sampai mengenai area mesinnya agar tidak terjadi kerusakan.

3.   Gunakan peralatan sesuai dengan batasan atau kapasitasnya

Tidak semua peralatan bisa digunakan secara maksimal full, misalnya untuk coffee grinder. Sebaiknya masukkan biji kopi secukupnya saja saat menggiling atau menghaluskannya. Selain bertujuan agar cepat halus, juga untuk menjaga keawetan peralatan tersebut.

Café sekarang sudah banyak yang berdiri karena inovasi tertentu baik dalam segi makanan maupun konsep tampat. Bisa dikatakan kebanyakan café yang beridiri tergolong modern karena tuntutan yang serba cepat dan praktis membuat pemilik harus mengambil jalan tengah yaitu dengan cara menyediakan peralatan dapur modern.