Memasak sebenarnya tidak sulit. Namun, bagi kamu yang baru mulai memasuki dunia memasak, mungkin akan kebingungan dengan berbagai hal terkait teknik memasak kering yang sebelumnya jarang atau belum pernah kamu dengar.

Nah, tapi kamu jangan nyerah atau pusing terlebih dahulu. Kamu pun tidak perlu pergi ke tempat kursus memasak untuk mengetahui hal ini karena untuk mempelajari teknik memasak #BisaDiRumah, kok!

Teknik memasak kering adalah cara memasak tanpa menggunakan cairan seperti air ataupun kaldu. Identiknya, teknik memasak kering ini selalu dikaitkan dengan kegiatan menggoreng. Padahal, ada banyak cara lainnya dari teknik memasak kering, seperti di bawah ini:

Shallow Fry

Teknik memasak yang memanfaatkan wajan inilah yang biasanya dilakukan di rumah-rumah, yaitu shallow fry. Cara menggoreng untuk shallow fry biasanya tidak membuat seluruh bahan makanan terendam, melainkan hanya sepertiganya saja. Oleh karena itulah, kamu harus membolak-balik bahan makanan tersebut agar matang secara menyeluruh, tidak hanya pada satu sisi.

Deep Fry

Teknik memasak ini pada dasarnya masih sama, yaitu menggoreng dengan minyak. Namun, dengan metode deep fry ini, minyak yang digunakan harus mampu merendam seluruh bahan makanan. Teknik ini akan membuat makananmu menjadi sangat renyah di bagian dalam, tapi bagian dalamnya tetap lembut karena waktu memasaknya tidak terlalu lama.

Katalog Produk Mr. Kitchen


Saute

Teknik memasak kering selanjutnya adalah saute atau nama lainnya adalah menumis. Ini adalah teknik memasak di mana kamu hanya menggunakna sedikit minyak untuk memasak bahan yang sedang kamu olah. Api yang digunakan pun adalah api kecil agar bahan makanan tidak menjadi gosong.

Grilling

Siapa yang suka sate? Nah, teknik memasak untuk membuat sate itu dikenal dengan istilah grilling. Dengan teknik memasak ini, bahan makanan dipanaskan dari bagian bawah. Untuk melakukan teknik memasak grilling ini, kamu bisa menggunakan kompor ataupun arang, seperti untuk sate. Jangan lupa, jarak makanan dengan api dibuat sedikit dekat agar lebih cepat matang.

Barbecuing

Pada dasarnya teknik memasak barbecuing sama seperti grilling. Hal yang membedakannya adalah jarak antara bahan makanan dengan api pada teknik memasak barbecuing dibuat lebih jauh sehingga proses matangnya lebih lama.

Smoking

Teknik memasak smoking ini mengandalkan uap atau asap panas yang berasal dari pembakaran arang. Oleh karena itulah, hasil makanan dari teknik memasak ini akan memiliki wangi yang sangat khas.

Roasting

Oven biasanya menjadi salah satu peralatan masak untuk melakukan teknik memasak roasting. Untuk melakukan teknik memasak ini, bahan makanan harus dilumuri mentega ataupun madu terlebih dahulu. Baru kemudian dimasukkan ke dalam oven untuk nantinya dibiarkan matang.

Nah, setelah mempelajari teknik memasak ini, kenapa tidak langsung coba mempraktikkannya untuk memasak menu makan siang maupun malam di dapur cantik milikmu? Selamat mencoba!

One Comment

Comments are closed.