Seiring dengan berkembangnya zaman maka semakin bermunculan variasi dan kreasi toko peralatan yang dikemas secara online.  Hal ini memudahkan pembeli dalam bertransaksi. Selain itu, harga yang ditawarkan pun terjangkau. Masing – masing toko online menyediakan berbagai macam peralatan dapur online yang lengkap dan barang akan diantar sampai ke rumah Anda.

Anda pun dapat memilih peralatan dapur yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan kualitas alat dapur yang Anda beli.  Meskipun harganya sedikit lebih mahal namun keamanannya terjamin bagus.

Kriteria  Peralatan Dapur Online yang Berkualitas

Sebelum Anda membeli peralatan dapur secara online maka pelajari terlebih dahulu spesifikasi dari masing – masing produk. Hal ini angat penting untuk diperhatikan karena Anda tidak dapat mengecek secara langsung dan hanya melihat dari gambar yang diupload.  Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih peralatan dapur secara online:

1.    Anda harus mengetahui bahan dari peralatan dapur online yang akan Anda beli

Ada beberapa bahan yang digunakan untuk memuat perabotan dapur, bahan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

a.    Bahan Stainless Steel

Ciri khas dari alat dapur berbahan stainless steel adalah tahan terhadap panas, dapat menghantarkan panas dengan cepat, tidak menyebabkan adanya kerak saat terkena api. Anda dianjurkan untuk memilih barang dapur yang berbahan stainless steel pada alat berikut seperti panci, alat untuk menggoreng makanan, alat untuk mengukus dan lainnya.

b.    Bahan Kaca

Ciri dari alat dapur berbahan kaca adalah bersifat solid, lemak dan minyak tidak dapat masuk ke permukaan kaca sehingga cara membersihkannya pun mudah. Namun, perabotan dari kaca tidak tahan panas dan jika terjatuh mudah pecah. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk memakai kaca sebagai bahan piring, gelas, mangkuk dan lain-lain.

c.    Bahan Kayu

Beberapa kelebihan dari peralatan dapur berbahan kayu adalah mampu menyerap panas dan tidak dapat menghantarkan panas. Dengan demikian bahan kayu ini sangat cocok untuk digunakan untuk membuat spatula, sendok nasi, sayur dan lain – lain.

Katalog Produk Mr. Kitchen

Namun, ada beberapa kelemahan dari perabotan dari bahan kayu, yaitu lemak dan minyak dapat menembus pori – pori kayu sehingga Anda disarankan untuk mencuci dengan bersih sebelum disimpan. Hal ini bertujuan agar mencegah munculnya jamur pada alat masak Anda.

d.    Bahan Plastik

Plastik merupakan bahan dasar pembuatan alat – alat dapur yang tidak tahan panas. Oleh karena itu, bahan plastik ini tidak baik jika digunakan terus menerus apalagi berhubungan dengan bahan yang panas. Dengan demikian bahan plastik ini cocoknya digunakan untuk telenan, tempat roti dan lain – lain.

2.    Anda harus memperhatikan cara perawatan peralatan dapur online

Masing – masing alat dapur memiliki cara perawatan yang berbeda – beda tergantung pada bahan pembuatnya. Apabila Anda merawat barang dengan baik dan tepat maka perabotan dapur Anda lebih awet dan tahan lama.

Anda juga harus pandai dalam memilih peralatan dapur, salah satunya adalah pilihlah alat yang gampang untuk dibersihkan. Contohnya adalah Anda dapat membeli peralatan yang dapat di bongkar pasang. Dengan demikian perabotan dapur Anda akan terbebas dari debu dan kotoran.

Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk memilih warna yang tidak mencolok. Hal ini bertujuan agar lapisan warnanya tidak larut dan bercampur dengan makanan.

3.    Memilih alat dapur  berdasarkan harga

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih perabotan dapur:

  • Pilihlah perabotan masak elektronik yang memiliki merk terkenal dan terjamin kualitasnya. Mungkin harganya lebih mahal namun barang yang Anda beli awet dan tahan lama sehingga Anda dapat menghemat pengeluaran.
  • Anda dapat memilih beberapa alat masak yang berhubungan dengan api yang mana alat tersebut telah berstandar nasional. Contohnya adalah alat penggorengan, panci dan lain – lain.

4.    Memilih alat – alat dapur sesuai dengan fungsinya

Dalam hal ini Anda harus memilah penggunaan alat – alat dapur. Contohnya adalah alat untuk merebus sayuran jangan digunakan untuk menggoreng, begitu pula sebaliknya. Tujuannya adalah agar mempermudah saat membersihkan alat tersebut.

Keuntungan Belanja Alat Dapur Secara Online

Berikut ini adalah beberapa macam keuntungan membeli peralatan dapur online:

1. Tidak memiliki keterikatan antara tempat dan waktu

Keberadaan toko online mempermudah calon pembeli untuk mendapatkan alat dapur yang dibutuhkan. Hal ini sangat cocok bagi Anda yang tengah sibuk kerja dan tidak memiliki banyak waktu luang.  Hal ini dikarenakan Anda dapat membeli kapan saja dan di mana saja.

a. Anda bebas memilih toko online yang menjual alat – alat dapur sesuai kebutuhan Anda. Jangan lupa cari tahu deskripsi dan spesifikasi dari masing – masing peralatan dapur yang akan Anda beli.
b. Menghemat waktu dan tenaga

Anda tidak perlu lagi pergi ke toko untuk membeli peralatan dapur. Anda hanya  membutuhkan waktu sebentar untuk membuka internet lalau memesan peralatan yang Anda butuhkan. Sangat mudah bukan?

Lain halnya jika Anda harus belanja manual maka banyak kendala, antara lain adalah harus berkeliling untuk mencari alat, apalagi Anda harus menyediakan waktu khusus, terkadang jalanan macet sehingga membuang – buang waktu hanya untuk perjalanan.

  1. Anda bebas memilih dan membandingkan peralatan yang lebih murah namun berkualitas. Hal ini dikarenakan setiap toko online menawarkan barang dengan harga yang beragam.
  2. Anda dapat berbelanja dengan cepat dan mudah. Lalu bagaimana dengan cara pembayarannya?  Anda dapat memanfaatkan ATM atau mobile banking untuk membantu Anda dalam membayar peralatan yang dibeli. Sangat praktis bukan?

One Comment

Comments are closed.