Seiring dengan berkembangnya zaman maka semakin bermunculan berbagai macam peralatan dapur elektronik. Kehadiran alat tersebut membantu manusia agar meringankan pekerjaan menjadi lebih cepat selesai. Selain itu, alat – alat elektronik lebih praktis dan efisien sehingga waktu Anda tidak banyak terbuang untuk memasak saja.

Banyak sekali peralatan dapur yang beralih ke alat dapur elektronik. Hal ini karena memiliki banyak kelebihan, antara lain adalah ukurannya sedang, barangnya ringan dan tidak berat, cara membersihkannya lebih mudah, praktis dan menghemat tenaga. Sedangkan alat tradisional umumnya berat, ukuran besar dan lain – lain.

Daftar Peralatan Dapur Elektronik

Kini peralatan dapur semakin berkembang dengan beragam variasi. Anda pun dapat menjumpai alat – alat dapur elektronik yang hadir memberikan solusi bagi Anda yang sedang sibuk namun ingin tetap memasak. Yuk simak ulasan berikut ini yang akan membahas beberapa macam alat dapur elektronik beserta fungsinya:

Kulkas

Kulkas merupakan salah satu alat dapur elektronik yang banyak digunakan untuk mengawetkan atau menyimpan makanan maupun minuman dan lain – lain. Selain itu, ada bagian kulkas yang dimanfaatkan untuk membekukan.

pada kulkas terbagi atas empat ruang, yaitu untuk pembeku, penyimpan daging, pendingin dan untuk meletakkan sayur atau makanan lainnya. Masing – masing ruang memiliki suhu yang berbeda – beda.

Dispenser

Dispenser merupakan alat yang digunakan  sebagai tempat air minum yang menyediakan air panas dan dingin. Dispenser ini merupakan alat elektronik di dapur karena membutuhkan listrik untuk memanaskan air minum pada alat tersebut.

Blender

Blender merupakan salah satu alat elektronik yang berfungsi untuk menghaluskan bumbu – bumbu masakan seperti bawang merah, bawang putih, cabai san lain – lain menggunakan tenaga listrik. Selain itu, blender juga dapat digunakan untuk membuat jus beranekaragam buah.

Rice Cooker

Rice cooker merupakan alat elektronik yang berfungsi untuk memasak nasi dengan tenaga listrik secara otomatis. Rice cooker ini juga merupakan barang yang multifungsi, antara lain adalah untuk merebus mie instan, menggoreng lauk pauk, membuat agar – agar, memasak air, sayuran dan lain – lain.

Microwave

Microwave merupakan salah satu alat untuk memanaskan makanan. Selain itu, mocrowave juga dapat digunakan untuk mempercepat masakan agar cepat matang, memanaskan roti agar menjadi fresh dan lain – lain.

Katalog Produk Mr. Kitchen

Oven

Seiring dengan berkembangnya teknologi maka kini tersedia oven listrik yang memanfaatkan energi listrik. Kehadiran oven listrik ini membantu Anda dalam memasak sehingga lebih cepat, praktis dan efisien.

Kompor Listrik

Kehadiran kompor listrik memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin memasak dengan cepat sehingga mempercepat makanan matang sehingga sangat praktis dan mudah digunakan.

Mesin Kopi

Mesin kopi berfungsi untuk membuat berbagai jenis kopi cappucino maupun latte yang berasal dari biji kopi yang berkualitas.

Mesin untuk membuat kue waffle

Mesin cetakan waffle ini dibuat dari bahan baja teflon  yang anti lengket sehingga mudah dibersihkan. Mesin tersebut dilengkapi dengan pengatur suhu untuk pemanasan beserta timernya. Bentuk cetakan seperti stik hot dog yang panjang.

Mixer

Fungsi mixer adalah untuk mempermudah mengaduk adonan kue sehingga bahan – bahannya dapat tercampur rata. Kelebihan mixer ini adalah cepat, praktis dan mudah digunakan karena menggunakan tenaga listrik.

Mesin Penggorengan Elektrik

Mesin ini didesain untuk menggoreng makanan, diantaranya adalah menggoreng nugget, kentang, daging dan lain – lain. Cara menggorengnya pun sangat mudah, yaitu dengan mencelupkan bahan yang akan Anda goreng. Kapasitas minyak goreng pada tangki tersebut mencapai 5L.  Panas yang dihasilkan antara 50 derajat celsius hingga 200 derajat celcius.

Salah satu kelebihan dari alat ini adalah terbuat dari stanless steel sehingga tidak menimbulkan munculnya karat, mudah dibersihkan dan lain – lain.

Tips Merawat Alat – Alat Dapur Elektronik

Kehadiran peralatan dapur elektronik dapat mempermudah dan mempercepat Anda saat memasak. Namun, satu hal yang perlu Anda ketahui  adalah Anda disarankan untuk merawat  alat – alat tersebut agar tidak mudah rusak.

Berikut ini adalah beberapa tips merawat alat – alat elektronik Anda yang berada di dapur agar awet, tahan lama dan tidak cepat rusak:

Rice cooker

Rice cooker juga termasuk dalam kategori alat elektronik yang multifungsi. Dengan demikian Anda dianjurkan untuk rajin merawatnya agar tidak mudah rusak. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Stop kontak dilepas dari colokkannya setelah selesai digunakan.
  • Setelah Anda menanak nasi panci rice cooker langsung dibersihkan dengan sabun
  • Hindari membersihkan panci rice cooker dengan sikat. Mengapa? Hal ini bertujuan agar lapisan anti lengket pada panci rice cooker tidak rusak.
  • Cara membersihkan bagian luar rice coor sangat mudah, yaitu menggunakan kain lap yang lembut.

Blender

Cara merawat blender adalah dengan melepaskan stop kontak setelah blender selesai digunakan. Selanjutnya gunakan lap yang bahannya lembut untuk membersihkan blender Anda.

Toaster

Cara untuk membersihkan toaster adalah dengan kain yang lembut. Tujuannya adalah untuk membersihkan kotoran yang ada di dalam toaster. Anda dapat menggunakan sabun untuk menghilangkan noda pada alat tersebut.

Microwave

Cara merawat microwave agar tahan lama adalah dengan memakai wicrowave dengan tepat dan benar sehingga tidak mudah rusak.

Alat Masak Anti Lengket

Cara merawat alat elektronik yang dilapisi anti lengket seperti wajan, panci, dan peralatan lainnya adalah sebagai berikut:

  • Alat tersebut dibersihkan menggunakan kain yang sangat
  • Hindari merendam alat dapur tersebut dengan air.
  • Hindari menggunakan panci penanak nasi pada rice cooker untuk mencuci beras agar lapisan anti lengket pada panci tersebut tidak rusak.

Buka Juga: “Perlengkapan Dapur Listrik” Wajib Ada Di Rumah